[T2 (1/3) : Pengantar Teknologi Informasi 2] : Teknologi Prosesor - ANAKBLOGGER.COM

[T2 (1/3) : Pengantar Teknologi Informasi 2] : Teknologi Prosesor

Share This
INTEL

// A. Intel Skylake


Intel Skylake, dengan berbagai kelebihan yang diklaim memiliki kecepatan dan kinerja grafis terintegrasi mumpuni, serta lebih efisien dalam konsumsi daya dari Intel Core generasi sebelumnya. Prosesor ini bahkan telah dirancang dan di optimalkan untuk sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10.



Intel Skylake

Keluarga Intel Skylake memang cukup banyak. Ditambah lagi dengan adanya prosesor Xeon yang ditujukan untuk notebook multimedia. Bahkan, kabarnya Intel berencana akan membuat lebih dari 48 varian prosesor Skylake. Untuk keluarga prosesor desktop Skylake-S ada Core i3, Core i5, dan Core i7 yang ditargetkan untuk PC tower, sistem gaming tower, PC mini, Intel Compute stick, all-in-one dan portable all-in-one.


Untuk perangkat mobile, Intel menghadirkan setidaknya tiga varian untuk Skylake. Ketiga seri ini adalah Intel Skylake-Y, Skylake-U serta Skylake-H dan Skylake-H Xeon. Seri Y (4,5 W dengan Intel HD graphics 515) dirancang untuk perangkat dengan konsumsi daya sangat rendah yang memiliki dimensi cukup kecil. Seri Y dari prosesor ini digunakan pada perangkat seperti notebook 2 in 1, tablet dan compute stick. Sementara seri U (15 W dengan Intel HD Graphics 520) ditujukan untuk mini PC, ultrabook dan AIO. Sedangkan prosesor Intel Skylake-H (45 W dengan Intel HD Graphics P530) diperuntukkan untuk notebook gaming dan notebook untuk keperluan korporat.

Semua perangkat mobile yang menggunakan prosesor Intel Skylake dipastikan mendukung sistem operasi Windows 10 dengan fitur-fitur seperti Cortana, Intel WiDi, Intel RealSense dan True Key. Selain keluarga prosesor tersebut, Intel juga melakukan pembaharuan pada chip Core M Core 6th-gen Core. Prosesor core M ini di klaim memiliki kinerja 2x lebih baik dengan kinerja grafis yag meningkat hingga 14 persen dari generasi sebelumnya. Sebut saja misalnya dari segi daya tahan baterai, dimana  smartphone Windows 10 akan memiliki ketahanan baterai hingga 10 jam.

// B. Intel Broadwell

Intel Xeon prosesor E5-2600 v4 yang baru dengan nama Broadwell. Broadwell diumumkan oleh raksasa superkomputer itu di seluruh lini produk SuperServer, SuperBlade, SuperStorage, SuperWorkstation dan motherboard DP/UP.


prosesor Intel Broadwell memiliki kinerja 20%-40% lebih tinggi dari generasi sebelumnya dengan rentang harga yang sama.



Intel Broadwell


Lini produk teknologi terbaru Broadwell diklaim sangat mudah untuk diterapkan karena mereka menggunakan socket CPU yang sama denganplatform yang sebelumnya. Hanya dengan melakukan upgrade BIOS maka lini produk dengan kinerja tingi dan berbiaya efektif ini dapat langsung digunakan.

Lini produk baru ini menawarkan life-time selama tujuh tahun di SKU CPU tertentu sehingga dapat memotong biaya R&D pelanggan dengan rentang hidup produk yang panjang.
// C. Intel Core i7 7700K Kaby Lake
Intel Core i7 7700K Kaby Lake

Menurut WCCFTech, Core i7 7700K masih akan menggunakan arsitektur 14nm yang sama dengan Skylake. Ia juga merupakan prosesor quad-core dan memiliki kecepatan 3,6GHz yang bisa ditingkatkan hingga 4,2GHz dengan menggunakan teknologi Turbo Boost. Prosesor ini juga akan memiliki L3 Cache sebesar 8MB dan L2 Cache sebesar 256KB.
Di sisi grafisnya, Core i7 7700K akan menggunakan chip grafis GT2 dengan 24 unit eksekusi. Chip grafisnya memiliki kecepatan hingga 1.150MHz, sama dengan chip grafis di prosesor Core i7 6700K. Meski demikian, chip grafis Core i7 7700K diperkirakan akan memiliki konsumsi daya yang lebih rendah.
// D. Intel Authenticate
Intel meluncurkan teknologi dari Chip nya dengan nama Intel Authenticate untuk menaklukkan upaya peretasan oleh hacker. Teknologi ini berbasis hardware/perangkat keras ‘multifactor authentication’ yang kemudian akan disematkan ke prosesor generasi ke 6 atau yang sebelumnya telah disematkan di intel generasi ke-4 dengan vPro Prosesor untuk Ultrabook.
Raksasa multinasional teknologi Intel mengumumkan teknologi terbarunyaIntel Authenticate yang dirancang untuk membatasi dan menggagalkanhackers/peretas yang menggunakan ID email palsu untuk mengelabui karyawan agar memberikan usernames dan passwords mereka. Sistem otentifikasi ini, yang akan menggunakan Multi-factor authentification Systemyang menggunakan lebih dari satu metode untuk identifikasi pengguna, dan tentunya menjadi bagian teknologi yang disematkan ke prosesor generasi ke-6 Intel.
Intel Authenticate juga memberikan hak kepada para Manajer IT di Perusahaan untuk mengganti kata sandi yang panjang dan berkala  diperbaharui dengan nomor identifikasi personal yang lebih sederhana, di antara prosedur identifikasi lainnya yang mungkin memerlukan Sistem Identifikasi Biometrik seperti sistem sidik jari, lokasi gedung di mana karyawan berada dan sistem lainnya seperti jarak telepon seluler karyawan, lencana identifikasi dan lainnya.
Kelebihan utama dari Intel Authenticate ke dalam Chip Prosesor adalah memberikan unsur keamanan lebih ke tingkat perangkat keras di PC. Dengan kata lain, PC pun menjadi bagian dari sistem keamanan.
// E. Intel SSD
Teknologi prosesor Intel SSD ditujukan untuk para professional dalam bekerja. Sangat cocok bagi anda para pekerja profesional dan para pekerja lainnya yang mempunyai mobilitas tinggi. Intel secara khusus merancang Intel® Solid-State Drive (SSD), dimana jenis prosesor ini mampu bekerja secara lebih cepat, lancar dan jauh lebih memudahkan anda, dan tentunya dapat diandalkan untuk mendukung pekerjaan anda. Ditambah pula dengan sistem yang dirancang untuk para profesional menjadi lebih efektif, menyimpan kerahasiaan data dengan baik.
Prosesor Intel SSD Data Center untuk perangkat PCIe berbasis pengontrol dan firmware yang merupakan hasil dari pengembangan Intel, dan proses manufaktur terbaik memori NAND flash. Pengujian kualifikasi dan kompatibilitas yang ketat memastikan terciptanya SSD yang sangat handal.
Intel sampai saat ini masih menjadi pemimpin industry pembuatan standar antar muka penyimpanan Non-Volatile Memory Express* (NVMe*). NV mampu mengatasi batasan performa SSDSAS/SATA dengan mengoptimalkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memanfaatkan teknologi SSDNVM secara maksimal.
Intel mendorong transisi ke SSD NV Me dengan menyediakan lini produk yang menyeluruh, yang memungkinkan kompatibilitas sistem yang ekstensif, menyediakan driver Intel dan pengembangan driver industri pendukung, dan melengkapi sejumlah sertifikasi kesesuaian standar industri.

Pages