Wednesday, 6 December 2017

[E-Commerce] Perbedaan Sistem Dari Bukalapak dan Tokopedia

E-Commerce / Marketplace merupakan pasar elektronik yang memungkinkan si pembeli membeli barang kepada si penjual dengan cara online. Dengan adanya E-Commerce ini, pembeli cukup hanya dengan memesan barang yang diinginkan melalui pc/laptop atau smartphone kemudian membayar pesanan tersebut dan menunggu pengiriman dari kurir.

E-Commerce di indonesia saat ini telah tumbuh dan berkembang, bahkan setiap hari saja pasti ada beberapa iklan E-Commerce yang tampil ditelevisi lokal. Memang, kebutuhan masyarakat dijaman modern seperti ini sangat menjanjikan untuk peluang bisnis dari E-Commerce ini.

Sedikit catatan, sebenarnya E-Commerce di Indonesia sudah ada dari sejak 2010, tetapi pada saat itu mungkin masyarakat di Indonesia belum terlalu mengenal dengan dunia internet. Nah, pada saat 2013-2014 mulailah momentum E-Commerce ini berkembang di Indonesia, seiring banyaknya masyarakat indonesia yang mempunyai smartphone dan perkembangan internet yang sangat pesat yang menjadikan peluang bisnis E-Commerce ini sangat menjanjikan.

Mungkin pada saat ini yang merajai E-Commerce di Indonesia sekarang adalah Bukalapak dan Tokopedia, meskipun masih ada beberapa E-Commerce yang tak kalah hebatnya dari ketiga E-Commerce tersebut. Dari kedua E-Commerce itu masing-masingnya memiliki perbedaan sistem. Kali ini anakblogger.com akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing ketiga E-Commerce tersebut baik dari sistem maupun promosinya.

1. Bukalapak

Siapa yang tak kenal dengan E-Commerce yang satu ini? ya, bukalapak yang terkenal dengan slogan 'cincai' ini sekarang menjadi salah satu E-Commerce raksasa yang menguasai pasaran elektronik di Indonesia. Namun menjadi salah satu E-Commerce raksasa bukan berarti tidak mempunyai kelemahan beserta kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak.

Kelebihan dari bukalapak : 
- Saldo Pada Bukadompet Bisa diCairkan Kapan pun.
Berbeda dengan tokopedia, Bukalapak memilik virtual E-Cash sebagai tempat menyimpan uang atau sebagai metode pembayaran. Dan, saldo pada Bukadompet bisa dicairkan kapan pun dengan batas minimal 25ribu untuk bisa dicairkan ke rekening.

- Banyak Diskon dan Promo
Hampir setiap bulan di tahun 2017 ini, Bukalapak selalu membuat konsumen nya tertarik untuk bertransaksi di Bukalapak. Mungkin tak mau kalah dengan E-Commerce yang lain, hehe..

- CS Cepat Dalam Menanggapi Keluhan
Customer Service dari Bukalapak tergolong cepat dibandingkan dengan CS yang lain. Untuk pengaduan seperti permasalahan pada transaksi biasanya cukup menghubungi melalui CS di Twitter saja, sementara untuk permasalahan yang berkaitan dengan sanksi atau pelanggaran sebaiknya langsung menghubungi via email.

Kekurangan dari Bukalapak :
- Sistem Auto Verifikasi
Sistem Auto Verifikasi dari Bukalapak sedikit kalah dari sistem Auto Verifikasi milik Tokopedia, dibandingkan dengan Tokopedia, Sistem dari bukalapak tergolong masih lambat dalam memverifikasi transaksi dan harus menunggu beberapa menit agar transaksi dapat terverifikasi oleh sistem. Selain itu juga, pembeli diharuskan membayar transaksi dengan adanya tiga nomor khusus dibelakang angka yang wajib dibayar apabila membayar dengan cara transfer.

- Tidak Bersahabat dengan Dropshipper
Sistem Bukalapak pada saat ini hanya bisa menerima satu resi saja pada satu kali transaksi, seperti kebijakan yang tertera pada website Bukalapak. Jika tetap 'nekad' untuk melakukan dropship di bukalapak, siap-siap saja barang di toko kalian akan hilang, karena itu dianggap pelanggaran oleh sistem dari Bukalapak.

- Sistem Resi
Sistem Resi pada Bukalapak pada saat ini masih kurang baik. Sistem dari bukalapak tidak memperhatikan alamat si pembeli dengan alamat yang tertera pada nomor resi yang diinputkan oleh penjual. Jadi, jika barang sudah berstatus DELIVERED. Maka barang tersebut dinyatakan sudah sampai walaupun alamat dari si pembeli dengan yang tertera pada resi berbeda. Selain itu, nomor resi bisa di inputkan lebih dari 1x dan berimbas pada pelanggaran/sanksi kepada si penjual. Berbeda dengan Tokped yang membatasi 2x penginputan resi yang sama.

2. Tokopedia

Baru-baru ini Tokopedia dikabarkan mendapatkan dana segar dari Alibaba, salah satu Raksasa E-Commerce dichina bahkan dunia. E-Commerce yang mempunyai logo tas belanja dengan wajah burung hantu ini juga merupakan salah satu raksasa E-Commerce yang ada di Indonesia. Sama seperti Bukalapak, hampir setiap hari Tokopedia juga banyak muncul di televisi lokal dan juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan baik dari segi sistem maupun yang lainnya.

Kelebihan dari Tokopedia :
- Sistem Auto Verifikasi Cepat
Tak diragukan lagi, sistem dari proses Auto Verifikasi saat pembayaran tergolong sangat cepat dibandingkan dengan Bukalapak. Pada saat setelah membayar pesanan barang, maka beberapa detik kemudian proses verifikasi langsung terdeteksi oleh sistem tanpa harus menunggu lama lagi dan tanpa nomor khusus seperti Bukalapak.

- Sistem Keamanan Resi Ketat
Sistem keamanan untuk resi dapat dikatakan ketat, karena untuk memasukkan resi di tokopedia tidak bisa sembarangan dan harus sesuai dari alamat yang tertera pada resi dengan alamat pembeli yang berada di Tokopedia. Selain itu apabila resi tersebut sudah lebih dimasukkan 2x, maka nomor resi tersebut tidak akan bisa lagi di inputkan kedalam sistem.

- Sangat Bersahabat Bagi Dropshipper
Tokopedia mengijinkan Dropshipper untuk ada di Tokopedia. Buktinya, Tokopedia memperbolehkan penjual untuk menginputkan resi lebih dari 1x dan maksimal 2x, artinya para Dropshipper bisa melakukan Dropship di Tokopedia. Tetapi, untuk para Dropshipper tidak disarankan untuk memakai kode voucher seperti Gratis Ongkir. Karena sistem dari Tokopedia nantinya akan memotong uang ongkir hasil transaksi tersebut.

Kekurangan dari Tokopedia :
- TokoCash Tidak Bisa di Cairkan
Tokocash adalah virtual E-Cash yang dimiliki oleh Tokopedia. Dengan TokoCash, pembeli bisa membelanjakan saldo atau menyimpan uang pada virtual E-Cash tersebut. Tetapi, saldo yang ada pada TokoCash tidak bisa dicairkan atau ditransfer ke rekening. Maka, mau tidak mau. Saldo pada TokoCash harus dibelanjakan di Tokopedia. Kecuali, jika saldo yang ada pada TokoCash hasil dari penolakan penjual ketika kamu membeli barang, saldo pada TokoCash masih bisa di cairkan.

- Promo / Diskon
Berbeda dengan Bukalapak yang banyak mengeluarkan promo dan diskon untuk menarik perhatian konsumen. Tokopedia hanya sesekali saja dalam mengeluarkan promo/diskon.

Mungkin itu beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua E-Commerce tersebut, artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya sebagai penjual juga di kedua E-Commerce tersebut. Semoga artikel ini bisa menambal kekurangan dari masing-masing E-Commerce. Semoga bermanfaat. Terimakasih...





Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.