5 Cara Cepat Mengatasi Smartphone Android Lemot - ANAKBLOGGER.COM

5 Cara Cepat Mengatasi Smartphone Android Lemot

Share This
Bisa dipastikan hampir semua orang rata-rata malas menunggu, begitu pula menunggu smartphone loading yang terlalu lama dan menghabiskan banyak waktu. Meskipun spesifikasi smartphone yang dimiliki sudah memiliki spek yang High, tetap saja pasti pernah mengalami lemot pada smartphone nya.
Lemotnya smartphone biasanya terjadi karena banyak faktor, bisa terjadi karena kebanyakan aplikasi/software yang terinstall, mesin yang sudah lama, atau juga bisa disebabkan oleh software bawaan yang tidak pernah di update sama sekali.
Nah, kali ini anakblogger bakal ngasih tips agar smartphone android kamu cepat seperti baru. Berikut ini cara cepat mengatasi smartphone android lemot :

1. Hapus aplikasi yang tidak penting
Banyaknya aplikasi yang terinstal membuat kapasitas memori menjadi terbatas, ada baiknya untuk menghapus aplikasi yang tidak penting. Karena, walau aplikasi tersebut tidak dijalankan. Biasanya akan tetap memakan kinerja dari smartphone dan berakibat pada performa smartphone yang menurun dan cenderung menjadi lambat. Maka dari itu bijak-bijak lah dalam mengunduh aplikasi pada smartphone android.

2. Matikan/kurangi fungsi animasi bergerak pada smartphone
Selain banyaknya aplikasi yang menghambat kinerja dari smartphone, animasi bergerak juga sangat berpengaruh pada kinerja dari smartphone. Adanya animasi bergerak memang akan mempercantik tampilan dari walpaper/smartphone. Namun, diaktifkannya fungsi animasi bergerak ini malah menghambat kinerja dari smartphone dan membuat performa smartphone menjadi menurun yang berakibat pada lambatnya sistem.

Boleh-boleh saja jika adanya animasi bergerak ini, smartphone menjadi terlihat menarik. Namun, untuk apa terlihat menarik jika pada akhirnya membuat performa kinerja dari smartphone menjadi lambat? Malah akan terlihat buruk kualitas smartphone dimata orang lain.
3. Kurangi widget pada layar home
Dengan mengurangi widget pada layar, maka performa smartphone juga akan lebih cepat. Kenapa? karena widget pada layar lumayan memakan banyak kinerja smartphone. Misal 1 widget memakan 0.5 % kinerja smartphone, jika widget yang terpasang pada smartphone ada 10 maka kinerja smartphone sudah terkurang sebanyak 5% dan jika lebih dari 10 bisa saja smartphone akan cepat melambat karena kinerja yang berat.

4. Bersihkan cache data
Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara pada smartphone yang menampung data dari aplikasi yang sedang dijalankan. Data yang disimpan tersebut lama-kelamaan akan menumpuk dan akan memperlambat kinerja dari smartphone. Maka dari itu, bersihkan cache sesegera mungkin agar kinerja smartphone maksimal.

Untuk membersihkannya, masuk ke setting/pengaturan kemudian pilih All/Semua selanjutnya pilih aplikasi yang akan dibersihkan dan clear cache.
5. Selalu update software bawaan smartphone
Melakukan update software bawaan ternyata berpengatuh terhadap kinerja sistem smartphone, karena dengan di updatenya software bawaan tersebut akan memperbaiki masalah-masalah yang ada pada sistem sebelumnya. Jadi, jangan anggap sepele update software bawaan ini. Selalu update jika ada setiap pemberitahuan update software.

Dengan menggunakan tips diatas, diharapkan smartphone akan berjalan dengan maksimal. Lakukan cara tersebut secara berkala agar tingkat kelambatan dari kinerja smartphone bisa teratasi.

Pages