[Belajar HTML] : Struktur Dasar HTML - ANAKBLOGGER.COM

[Belajar HTML] : Struktur Dasar HTML

Share This
Dalam HTML terdapat tag struktur dasar pada setiap file yang dibuat. Struktur dasar tersebut memiliki fungsinya masing-masing, dan saling berhubungan. Setiap tag diawali dengan kurung lancip terbuka '<' dan ditutup dengan kurung lancip tertutup '>'.
Struktur dasar pada HTML terdiri dari 4 tag, diantaranya yaitu <html>, <head>, <title>, dan <body>. Tag-tag struktur dasar tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan saling membutuhkan satu sama lain. Susunan penulisan kode struktur dasar harus sesuai/beraturan dengan aturan, apabila menulis kode tersebut dengan berantakan akan menimbulkan error.

Maka dari itu, penting sebelum memulai belajar HTML untuk mempelajari struktur dasar HTML terlebih dahulu, agar ketika mulai melakukan penulisan kode HTML sudah mengetahui tag-tag dasar tersebut. 
Baca Juga : Pengetian Apa Itu HTML?
Bagaimana penulisan struktur dasar HTML? Berikut ini cara penulisannya :
<html>
    <head>
        <title> Ini Judul </title>
    </head>
        <body>
        Ini Isi dari HTML
        </body>
</html>

Penulisan kode diatas sudah sesuai dengan aturan, dan sudah bisa dirun/dijalankan walaupun programnya masih sangat sederhana. Jangan lupa, untuk memberi ekstensi format (.html) pada saat menyimpan file HTML.
Baca Juga : Singkatan XAMPP & Penjelasannya
Fungsi tag struktur dasar :
  • <html> dan </html> berfungsi sebagai pembuka dan penutup program HTML
  • <head> dan </head> berfungsi sebagai kepala atau tempat untuk menyimpan tag <title>, <meta> dan lain sebagainya
  • <title> </title> berfungsi sebagai judul dari file HTML yang dibuat
  • <body> </body> berfungsi sebagai isi dari file HTML yang akan ditampilkan pada web.
Mungkin penjelasan mengenai penulisan strutur dasar dan fungsi struktur dasar diatas sudah bisa menggambarkan dan menjelaskan bagaimana penulisan dan fungsi struktur dasar HTML.

Pages