[T4 : Perancangan Basis Data] : Dimana Data Mining Dapat Diterapkan? - ANAKBLOGGER.COM

[T4 : Perancangan Basis Data] : Dimana Data Mining Dapat Diterapkan?

Share This
Data mining merupakan sekumpulan/himpunan data yang dapat ditarik/digali dengan tujuan untuk mengolah data menjadi informasi yang lebih penting dengan cara mengumpulkan banyaknya data.
Dimana Data Mining Diterapkan?
Awal mulanya, penggunaan data mining banyak sekali dilakukan oleh bos dunia bisnis pada perusahaan-perusahaan besar. Namun, karena banyaknya kebutuhan yang menuntut maka pada berbagai sektor, data mining sudah dapat diterapkan. Berbagai sektor tersebut mencakup pada sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi, dan  sektor-sektor yang lainnya.

Contoh penggunaan data mining pada sektor kesehatan, misalnya rumah sakit menggunakan data mining untuk menentukan jam kerja dokter pada saat bekerja. Saat menentukan jam kerja tersebut, rumah sakit memerlukan beberapa data lain sebelum dapat menentukan jam kerja dokter. Rumah sakit harus menggali data terlebih dahulu misalkan data nama dokter, spesialisasi dokter, jadwal hari kerja. 
Baca Juga : Perancangan ERD & Relasi Database Rental PS
Selain menentukan jam kerja dokter, sebetulnya masih banyak lagi contoh penggunaan data mining pada rumah sakit. Manfaat dengan menggunakan data mining, rumah sakit dapat lebih terbantu dalam segi aspek pelayanan dan keuntungan. Sedangkan pasiennya juga, dapat terbantu dengan adanya pelayanan yang baik dari rumah sakit.

Pages