[T5 : Perancangan Basis Data] : Mengenal Apa Itu ISO 27001? - ANAKBLOGGER.COM

[T5 : Perancangan Basis Data] : Mengenal Apa Itu ISO 27001?

Share This
Pesatnya perkembangan bisnis dalam dunia digital akan membuat kerawanan dalam keamanan data semakin terganggu. Semakin banyak aktivitas bisnis maka akan semakin meningkat pula gangguan keamanan dari para pencuri data. Maka dari itu, biasanya perusahaan akan mencari cara agar datanya aman dari para pencuri.

Solusi terbaik adalah dengan menerapkan manajemen keamanan informasi atau ISO/IEC 27001. ISO 27001 merupakan standar sistem manajemen keamanan informasi yang diterbitkan oleh ISO dan IEC pada 2005. Tanpa menerapan keamanan sistem, kontrol akan cenderung lebih tidak terorganisir dan juga terputus-putus.

Standar ISO 27001 berisi spesifikasi yang harus dipenuhi dalam pembangunan sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini dirancang untuk menjamin melindungi aset informasi dari berbagai resiko dan juga memberi standar keyakinan keamanan bagi pihak tertentu.
Baca Juga : Dimana Data Mining Dapat Diterapkan?
Kebutuhan ISO / IEC 27001 :
  • Memeriksa resiko keamanan informasi organisasi, dengan mempertimbangkan beberapa ancaman, kerentanan, dan dampak.
  • Merancang dan menerapkan rangkaian kontrol keamanan informasi yang koheren dan komprehensif atau bentuk lain dari perlakuan risiko untuk mengatasi risiko yang dianggap tidak dapat diterima.
  • Mengadopsi proses manajemen menyeluruh untuk memastikan bahwa kontrol keamanan informasi terus memenuhi kebutuhan keamanan informasi organisasi secara berkelanjutan.
Dengan menerapkan ISO 27001 maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan mengenai data-data penting. Data akan aman tersimpan dari tangan-tangan pencuri yang berusaha mengambil data penting milik perusahaan.

Pages