Penjalasan Singkat Bahasa Pemrograman Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Penjalasan Singkat Bahasa Pemrograman Java

Share This
Assalamualaikum Wr. Wb
Kali ini saya akan menulis artikel yang berjudul Pengertian Bahasa Pemrograman Java, langsung saja kita kepembahasan awal ....
Ada banyak bahasa pemrograman yang ada pada saat ini, Anda bisa memilih untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman terlebih dahulu sebelum mempelajari 2 atau lebih bahasa. Masing-masing bahasa pemrograman tentunya memiliki perbedaan, kelebihan, dan kekurangan. Ada yang lebih mudah dimengerti, dan ada pula yang sulit untuk dimengerti. 

Namun, pada pembahasan artikel kali ini. Kita akan sedikit membahas mengenai bahasa pemrograman Java. Apakah Anda sudah mengetahui bahasa pemrograman ini? Akan sangat lebih mudah jika Anda sudah mengetahui bahasa ini sebelumnya. 

Apa itu Java?
Java merupakan bahasa pemrograman objek murni karena semua kode programnya dibungkus dalam kelas. Saat ini Sun Microsystem sudah diakuisisi Oracle Corporation sehingga pengembangan Java diteruskan oleh Oracle Corporation.

Java berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa Java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM.
Java dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem, Java menurut definisi dari Sun Microsystem adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkung jaringan. Java 2 adalah generasi kedua dari Java Platform.

Sumber: Buku Pemrograman C++ (Budi Raharjo)


No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close