3 Hal Sepele Penyebab Windows 10 Lemot - ANAKBLOGGER.COM

3 Hal Sepele Penyebab Windows 10 Lemot

Share This
Windows yang di release pada tahun 2015 ini sudah memiliki banyak pengguna yang memakainya, mungkin hampir setiap laptop baru langsung terinstall windows 10 pada laptopnya, tak jarang pengguna-pengguna baru memiliki masalah umum terhadap operasi sistem terbaru milik windows ini. 
Windows 10 memiliki tampilan serta fitur-fitur yang keren dan berbeda dari windows sebelumnya, hal itu sangat memanjakan penggunanya dan pastinya akan merasa nyaman. Walaupun memiliki fitur terbaru, operasi sistem ini pun masih memiliki beberapa kinerja yang kurang optimal.

Masalah umum atau masalah klasik yang sering ditemui oleh pengguna saat menggunakan Windows 10 adalah lemot/lambat. Hampir rata-rata pengguna Windows 10 yang mengalami lemot ini memiliki spek laptop yang kurang baik namun tetap memaksakan menggunakan Windows 10. 


Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan laptop sangat lemot saat menggunakan Windows 10, apa saja itu? Silahkan simak penjelasan dibawah ini. 
Baca Juga : 3 Hal Sepele Penyebab Laptop Cepat Panas
1. Banyaknya program (service) yang berjalan
Umumnya, operasi sistem Windows versi apapun banyak menampilkan program yang berjalan otomatis dibelakang layar. Program yang berjalan pada belakang layar bisa memakan kinerja perangkat sampai 25% atau lebih. Maka dari itu, sering-sering untuk mengecek service apa saja yang sedang berjalan, dan apabila service tersebut tidak terlalu penting, service tersebut bisa di stop.

Untuk caranya bisa dilakukan dengan cara :
  • Tekan alt + delete secara bersamaan.
  • Pilih Task Manager.
  • Pilih Service.
  • Pilih program yang akan distop, dan klik end process.


2. Harddisk terlalu penuh
Kinerja perangkat pun terpengaruh karena isi dari penyimpanan (harddisk) hampir penuh. Hal ini berpengaruh karena jika harddisk penuh maka akan memakan kinerja dari perangkat itu sendiri, sebaiknya sediakan space penyimpanan (harddisk) sekitar 20GB. Rasakan perbedaan ketika sebelum dan sesudah space harddisk kosong.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu ROM Laptop
3. Banyak cache terlalu menumpuk

Cache adalah file sampah yang tersimpan secara otomatis, biasanya cache ini tersimpan pada browser, cache tersimpan otomatis saat kita melakukan browsing di internet. Cache yang menumpuk dapat menghambat kinerja Windows menjadi kurang optimal dan terjadi lemot, hapus cache untuk meminimalisir terjadinya kelemotan dari Windows 10. Cache dapat dihapus pada setelan browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages