Cara Membuka Dokumen Word Terkunci Tidak Bisa Diedit - ANAKBLOGGER.COM

Cara Membuka Dokumen Word Terkunci Tidak Bisa Diedit

Share This
Apakah kalian pernah mengalami kejadian mendownload sebuah dokumen berbentuk format word dan tidak bisa diedit? Dokumen tersebut hanya bisa dilihat (read only) oleh si penerima. Dokumen yang tidak bisa diedit seperti itu biasanya memang sengaja di password oleh si pembuatnya, tujuannya adalah untuk menghindari copy paste/plagiarisme.

Walau dokumen sengaja dikunci, selalu banyak cara untuk mengatasi berbagai problem yang ada pada dunia maya. Dokumen yang dikunci sekalipun masih dapat diedit oleh oranglain dengan beberapa cara yang sangat sederhana.
Dokumen yang dikunci biasanya berupa dokumen penting, bisa berupa dokumen skripsi, dokumen pekerjaan, dokumen negara, dan lain sebagainya, Microsoft Word memang memiliki fitur untuk memberikan password pada dokumen, dan pada beberapa orang fitur tersebut sangat dimanfaatkan untuk keamanan dan juga meminimalisir terjadinya plagiarisme.

Sebenarnya tujuan dari dikuncinya file tersebut adalah untuk menjaga keutuhan dari dokumen tersebut, akan tetapi pada beberapa orang (penerima) mereka sangat membutuhkan dokumen tersebut untuk dapat bisa diedit bukan hanya bisa dilihat saja.


Kadang menemukan file dokumen yang terkunci sangat menjengkelkan, dokumen hanya bisa dilihat saja tanpa bisa di edit ataupun diubah isinya. Tapi, ada beberapa cara untuk dapat mengedit file dokumen word yang terkunci, salah satunya menggunakan aplikasi bawaan yaitu WordPad. 
Baca Juga : Cara Mengatasi Microsoft Word Has Stopped Working.
Berikut ini langkah-langkah membuka dokumen word menggunakan WordPad :
1. Buka dokumen word yang terkunci.
2. Save as file tersebut dan ganti save as type-nya dengan .rtf.
3. Kemudian klik kanan pada dokumen .rtf.
4. Pilih Open With.
5. Pilih WordPad.

Nah, sekarang dokumen yang sebelumnya terkunci sudah bisa diedit melalui WordPad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages