[Tutorial Arduino] Mendeteksi Jarak Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Arduino] Mendeteksi Jarak Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04

Share This

[Tutorial Arduino] Mendeteksi Jarak Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 - HC-SR04 merupakan komponen arduino yang dapat digunakan untuk mendeteksi jarak 0 cm hingga 1 meter lebih. HC-SR04 memiliki bentuk yang unik seperti memiliki 2 bola mata layaknya manusia dan juga memiliki 4 kabel pin yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda satu sama lain. 
Agar sensor ultrasonik HC-SR04 ini dapat bekerja, Anda memerlukan perintah yang diperuntukkan khusus untuk sensor HC-SR04 ini. Perintah yang digunakan menggunakan bahasa pemrograman yang telah di ketik dalam bahasa C++ pada software Arduino IDE. Jadi, bagi temen-temen yang baru saja mempelajari dan baru saja ingin memberikan perintah pada sensor wajib memiliki software Arduino IDE.

Apabila software Arduino IDE telah ada, maka Anda boleh langsung melanjutkan pembelajaran ke tahap selanjutnya, yaitu menulis kode (ngoding). Tapi, sebelumnya Anda perlu merangkai terlebih dahulu komponen sensor ultrasonik HC-SR04 dengan komponen lainnya agar sensor ultrasonik ini dapat bekerja dengan baik dan dapat mendeteksi jarak secara akurat.
Baca Juga : Membuat Program C++ Bubble Sort Dengan C++
Komponen yang perlu disiapkan pada tutorial kali ini adalah :
- 1 buah Arduino Uno.
- 1 buah papan Breadboard (Opsional).
- 4 buah kabel Jumper female - male.
- 1 buah sensor ultrasonik HC-SR04.




Kemudian, rangkai komponen alat yang telah disiapkan diatas dengan seperti berikut :

  • Sambung pin GND HC-SR04 ke pin GND Arduino Uno.
  • Sambung pin Echo HC-SR04 ke pin 12 Arduino Uno.
  • Sambung pin Trig HC-SR04 ke pin 13 Arduino Uno.
  • Sambung pin VCC HC-SR04 ke pin 5V Arduino Uno.

* Keterangan :

Anda dapat menggunakan papan breadboard atau bisa juga dengan memasang sensor ultrasonik ke Arduino Uno. Jika ingin menggunakan breaboard, pasangkan sensor ultrasonik pada breadboard, kemudian sambungkan kabel jumper dari Arduino Uno ke pin sensor ultrasonik seperti rangkaian komponen diatas.

Apabila step diatas sudah dilakukan, sekarang waktunya kita lakukan pengkodean! Ketik atau copy dan paste source code dibawah ini pada software Arduino IDE yang telah diinstal sebelumnya, kemudian upload.

Source Code :

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close