[100% AMPUH] Cara Setting PCSX2 1.4.0 Agar Tidak Lag & Patah-Patah - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[100% AMPUH] Cara Setting PCSX2 1.4.0 Agar Tidak Lag & Patah-Patah

Share This

[100% AMPUH] Cara Setting PCSX2 1.4.0 Agar Tidak Lag & Patah-Patah - Para pecinta Playstation pastinya sangat mengenal dengan Playstation 2. Playstation 2 ini sangat populer di tahun 2005 - 2010an, bahkan masih dipakai dan dimainkan hingga saat ini oleh sebagian orang. Walaupun permainan yang ada di Playstation 2 kurang mendukung dalam segi grafik, tetapi di zamannya game yang disuguhkan memiliki plot cerita yang seru.

Misalnya Game populer dari Playstation ada GTA Sanandreas atau The Warriors yang memiliki alur cerita yang sangat seru untuk dimainkan. Saat ini, banyak para veteran pecinta Playstation 2 yang ingin memainkan game-game PS 2 lagi. Akan tetapi rasanya akan sangat sulit untuk membeli kembali konsol PS2 jika hanya ingin memainkannya sesaat saja.


Saat ini, sebagian orang memainkan game PS2 ini di komputer atau laptopnya masing-masing menggunakan emulator PCSX2. PCSX2 merupakan emulator yang berfungsi untuk menjalankan game-game PS2. Untuk memainkan game dari PS2 ini, wajib memiliki iso game yang nantinya akan digunakan untuk meload game tersebut. Jika di ibaratkan, iso ini seperti kaset.


Hanya dengan menginstal PCSX2 dan mendownload iso game, sudah bisa memainkan game PS2 di komputer/laptop sesuai dengan keinginan. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal emulator tidak perlu memiliki spek bagus, masih dapat berjalan dengan baik pada perangkat yang memiliki spesifikasi standar/middle.


Namun, pada saat menjalankan emulator PCSX2 ini, tidak semuanya akan berjalan dengan mulus. Pada beberapa kasus yang sering dan banyak ditemukan, game mengalami lag dan patah-patah sehingga mengakibatkan permainan menjadi tersendat-sendat. 


Hal tersebut terjadi karena berbagai faktor, bisa karena faktor spesifikasi dari komputer atau laptop yang digunakan memiliki beban memori yang penuh, faktor file iso, atau bisa juga karena konfigurasi emulator yang belum sesuai.  


Memang, seharusnya sebelum memulai menjalankan game PS2 di emulator PCSX2 ini wajib melakukan konfigurasi di pengaturan emulator yang disesuaikan dengan laptop atau komputer yang digunakan agar pada saat menjalankan game pada emulator tidak mengalami lag atau patah-patah. Rasanya tidak karuan jika bermain game dengan tampilan yang ngelag dan patah-patah, antara ingin menyudahi dan lanjut permainan.


Baca Juga :


Untuk melakukan konfigurasi pada emulator PCSX2 sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :


Cara Pertama :

  1. Buka emulator PCSX2.
  2. Kemudian, klik Config > Video > Plugin Setting.
  3. Pada pilihan Adapter, atur dan sesuaikan dengan VGA yang dimiliki.
  4. Jika sudah sesuai, klik Ok


Setelah melakukan cara diatas, langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti cara kedua dan cara ketiga yang ada dibawah ini. Perlu diingat bahwa cara pertama, kedua, dan ketiga masih berkaitan, ikuti cara pertama terlebih dahulu kemudian ikuti cara kedua, dan cara ketiga agar performa game yang dihasilkan lebih optimal.


Cara Kedua :

  1. Buka emulator PCSX2.
  2. Kemudian, klik Config > Emulation Settings.
  3. Selanjutnya, silahkan ikuti semua konfigurasi seperti pada gambar dibawah ini.







Cara Ketiga :

  1. Buka emulator PCSX2.
  2. Kemudian, klik Config > Audio > Plugin Setting.
  3. Silahkan atur konfigurasi sesuai dengan gambar dibawah ini.


Setelah semua kedua cara diatas sudah diikuti, silahkan restart terlebih dahulu komputer atau laptop-nya. Kemudian, jalankan kembali emulator PCSX2. Setelah melakukan percobaan diatas, dapat dilihat perbedaan yang cukup signifikan dari performa sebelum dan sesudah tutorial diatas dilakukan. 


Biasanya, dengan menggunakan kedua cara diatas dapat menambah FPS 50 - 60 atau bahkan bisa lebih tinggi lagi. Semakin tinggi FPS, maka performa akan jauh lebih baik lagi. Namun jika sebaliknya, silahkan di cek kembali pengaturan emulatornya apakah benar-benar sudah sesuai atau tidak.


Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk melakukan emulator PCSX2 agar tidak lagi lag dan patah-patah. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial diatas, silahkan tulis pada kolom komentar ya agar dapat dibantu oleh Admin. 


Demikianlah artikel mengenai [AMPUH] Cara Setting PCSX2 1.4.0 Agar Tidak Lag & Patah-Patah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait. Terimakasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan dan rekomendasikan pada teman sekitarmu ya.






No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close