Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Bergaris-Garis - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Bergaris-Garis

Share This

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Bergaris - Printer merupakan alat bantu atau hardware output yang memungkinkan untuk mencetak ketikan dokumen ataupun gambar dengan kertas. Saat ini, printer menjadi alat yang terbilang sangat dibutuhkan. Pada bidang pekerjaan dibutuhkan untuk mencetak berbagai macam dokumen penting perusahaan, pada pendidikan dibutuhkan untuk mencetak dokumen-dokumen pembelajaran ataupun tugas yang diberikan guru ataupun dosen.   

Walaupun di zaman yang semakin canggih seperti sekarang, dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen cukup dikumpulkan via email atau daring saja, masih banyak juga tugas-tugas yang harus dicetak dengan printer. Misalnya saja, skripsi mahasiswa yang memerlukan printer untuk mencetak skripsi penelitiannya, karena cetak skripsi melalui jasa fotocopy akan memerlukan budget yang lebih banyak.


Pemilik jasa fotocopy pun mungkin sangat diresahkan ketika mengalami hal semacam ini, pastinya akan sangat mengganggu pemilik jasa fotocopy karena akan berimbas pada customernya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki pengetahuan mengenai problem solving pada printer bagi pemilik jasa fotocopy


Hasil yang dicetak oleh printer merupakan dokumen ataupun gambar yang kita inginkan, pernahkan Anda menemukan atau bahkan mengalami kejadian hasil dari printer yang mengalami garis-garis/putus-putus?


Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami hal ini sebelumnya. Jika pernah mengalami, hal ini tentunya sangatlah mengganggu kita sebagai pengguna karena hasil dari printer tidak sesuai dengan yang kita harapkan, Anda perlu mengetahui mengapa hal tersebut bisa terjadi dan menyelesaikan problem ini agar tidak terulang lagi nantinya.


Maka dari itu, untuk mengatasi dan mengetahui problem tersebut silahkan Anda simak terus penjelasan artikel dibawah ini ya.


Cara Perbaiki Printer Epson L3110 Hasil Print Putus-Putus

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hasil print out yang telah dicetak mengalami putus-putus atau bergaris. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil print terjadi karena berbagai hal, hasil print out yang bergaris tentunya sangat tidak bagus dan tidak layak untuk sebuah dokumen penting. Oleh karena itu, hasil print harus memiliki kualitas yang sangat baik tanpa bergaris. 


Dari berbagai faktor yang kemungkinan terjadi, faktor utama yang menyebabkan printer mengalami hasil print yang putus-putus ataupun bergaris biasanya karena belum dilakukan cleaning pada catridge. Catridge yang belum di head cleaning akan sangat berpengaruh pada hasil yang dicetak oleh printer.


Baca Juga :


Anda perlu melakukan head cleaning printer agar hasilnya kembali maksimal dan tidak bergaris-garis. Untuk melakukan head cleaning bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini ya, silahkan ikuti dan praktekkan langsung.


Cara Melakukan Head Cleaning Printer Epson L3110

1. Nyalakan printer dan sambungkan kabel ke laptop atau komputer.

2. Klik panah menghadap ke atas, klik kanan pada icon printer.

3. Pastikan icon printer merupakan printer dari Epson L3110.

4. Selanjutnya, pilih Head Cleaning.

5. Akan muncul jendela pop-up Head Cleaning, klik Start

6. Tunggu hingga proses Head Cleaning selesai.


Cara Melakukan Head Cleaning Printer Epson L3110 Melalui Control Panel

1. Nyalakan printer dan sambungkan kabel ke laptop atau komputer.

2. Klik Start/Windows lalu pilih Control Panel, atau bisa juga dengan search Control Panel pada kotak pencarian.

3. Lalu, klik Hardware & Sound.

4. Pilih Devices & Printer.

5. Akan muncul tampilan dari berbagai Devices & Printer yang tersambung dengan komputer/laptop.

6. Pilih Printer Epson L3110.

7. Klik kanan pada printer Epson L3110, lalu pilih Printing Preferences.

8. Selanjutnya, klik pada Maintenance dan pilih Head Cleaning.

9. Klik start dan tunggu hingga proses Head Cleaning selesai.


Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, silahkan untuk melakukan restart pada printer untuk melakukan ujicoba apakah hasil print sudah kembali normal atau masih bergaris-garis. Lakukan pengetesan dengan memasukkan kertas pada printer lalu cetak dokumen apa saja.


Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan untuk mengatasi masalah printer epson yang bergaris-garis. Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Bergaris-Garis. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menyelesaikan problem yang sedang terjadi pada printer. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika dirasa artikel ini berisi konten yang bermanfaat, silahkan bagikan atau rekomendasikan pada rekan sekitarmu ya.

2 comments:

  1. kalo sudah di head cleaning tapi masih bergaris..gmn kak

    ReplyDelete
  2. Lempar printernya

    ReplyDelete

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close