[T1 : Basis Data 4] : Apa Itu Physical Model ? - ANAKBLOGGER.COM

[T1 : Basis Data 4] : Apa Itu Physical Model ?

Share This
Physical data model Merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik.

Sebuah physical data model (alias desain database) adalah representasi dari desain data yang memperhitungkan fasilitas dan kendala sistem database yang diberikan manajemen. Dalam siklus hidup proyek itu biasanya berasal dari model data logis, meskipun mungkin reverse-engineered dari implementasi database yang diberikan. 

Sebuah physical data model lengkap akan mencakup semua artefak database yang diperlukan untuk membuat hubungan antara tabel atau mencapai tujuan kinerja, seperti indeks, definisi kendala, menghubungkan tabel, tabel dipartisi atau cluster. Physical data model biasanya dapat digunakan untuk menghitung perkiraan penyimpanan dan mungkin termasuk rincian alokasi penyimpanan khusus untuk sistem database tertentu.

Physical Model banyak digunakan  untuk  menjelaskan  kepada  pemakai  bagaimana data-data dalam  basis  data  disimpan  dalam  media  penyimpanan  secara  fisik,  yang  lebih berorientasi pada mesin

Ada 2 model :

  • Unifying model
  • Frame memory

Pages