Mengenal Apa Itu PhpMyAdmin? - ANAKBLOGGER.COM

Mengenal Apa Itu PhpMyAdmin?

Share This
Siapa yang tak kenal dengan PhpMyAdmin? Ya, salah satu aplikasi untuk mengelola database. Mungkin hampir rata-rata setiap programmer baik yang pemula sampai expert sekalipun pasti pernah mendengar/mengetahui atau bahkan menggunakan aplikasi ini. Kemudahan dalam penggunaan aplikasinya membuat orang-orang menjatuhkan pilihannya ke PhpMyAdmin untuk mengelola database.

PhpMyAdmin adalah sebuah software berbasis web yang menggunakan bahasa pemrograman Php, software ini digunakan untuk mengelola database dengan tampilan interface (tatap muka) melalui browser (mozilla, google chrome, dll). Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah open source (bebas) dan banyaknya dukungan dari para developer dan translator.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu Variabel Pada Java?
Sampai saat ini ada 65 lebih bahasa yang didukung oleh PhpMyAdmin, semakin banyaknya bahasa yang didukung maka semakin banyak pula jumlah penggunanya. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mempunyai server sendiri (local host/server lokal). Untuk dapat memilikinya, kamu bisa menginstall MySQL versi terbaru di laptop/komputer maka akan secara otomatis PhpMyAdmin sudah terinstall juga dilaptop/komputer kamu.
Baca Juga : Macam-Macam Tipe Data Pada Java
Selain keunggulan yang sudah disebutkan diatas, aplikasi ini juga memudahkan bagi para penggunanya dalam hal mengontrol aksi-aksi. Misalkan ketika ingin menghapus suatu data, maka pengguna tidak harus repot-repot untuk mengetikkan kode perintah program. Cukup dengan menggunakan fitur drop maka akan secara otomatis data terhapus. Selain itu, ada banyak aksi yang dapat digunakan.

Tampilan dari PhpMyAdmin :

Pages