Mengenal Apa Itu Variabel Pada Pemrograman Java? - ANAKBLOGGER.COM

Mengenal Apa Itu Variabel Pada Pemrograman Java?

Share This
Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki variabel, entah itu bahasa pemrograman php, html, javascript dan lain sebagainya. Hanya berbeda cara penulisan variabelnya saja. Untuk pemula yang baru belajar bahasa pemrograman java mungkin masih cukup bingung tentang variabel yang ada pada java.
Variabel merupakan suatu tempat penyimpanan data bersifat sementara yang mempunyai jenis tipe data yang berbeda ataupun sama. Dalam setiap bahasa pemrograman, variabel memang selalu dipasangkan dengan tipe data. Adanya tipe data untuk mengenali isi data dari variabel.
Baca Juga : Macam-Macam Tipe Data Pada Java
Dalam java, untuk menulis sebuah variabel harus diawali dengan tipe data. Apabila menuliskan variabel tanpa menggunakan tipe data maka akan terjadi error. Suatu variabel yang diisi dengan tipe data berbeda juga akan menimbulkan error, maka dari itu setiap variabel yang diisi harus sesuai dengan tipe datanya.

Contoh penulisan variabel pada java :
public class main {
     public static void main(String args[]){
          int a=2, b=5, c=a+b;
          System.out.print("hasil perhitungan : "+c);
       }
}
Baca Juga : Penjelasan Singkat Bahasa Pemrograman Java
Diatas adalah salah satu contoh penulisan variabel pada java, diawali dengan tipe data Integer dan variabel a, b, c. Masing-masing setiap variabel mempunyai isian datanya sendiri, a = 2, b = 5, c = a+b.

Pages