Mengenal Apa Itu Bitcoin? - ANAKBLOGGER.COM

Mengenal Apa Itu Bitcoin?

Share This

Bitcoin merupakan mata uang digital/elektronik yang diciptaan oleh perancang dari negara Jepang Satoshi Nakamoto dan dibuat pada tahun 2009. Tujuan awal diciptakannya bitcoin adalah untuk menjadi alat tukar transaksi namun tidak memerlukan verifikasi transaksi dari pihak-pihak lain. Namun, saat ini bitcoin bukan saja menjadi alat tukar transaksi tapi juga investasi dan meraih keuntungan.

Pada tahun 2009, nilai tukar bitcoin sangatlah kecil bahkan bisa dikatakan tidak ada harganya. Namun, pada tahun 2018 nilai tukar mata uang bitcoin sangat melambung tinggi harganya. Untuk 1 BTC saja bisa kurs belinya saat ini (2018) 95.846.000 Rupiah. Akan tetapi, angka tersebut jauh turun drastis dari kurs beli pada saat tahun 2017 akhir. Saat 2017 akhir, kurs beli dari bitcoin hampir mencapai 200.000.000 (200 Juta) Rupiah.
Baca Juga : Cara Ampuh Menambah Followers Instagram
Saya sendiri kurang paham kenapa nilai tukarnya bisa turun drastis seperti itu, walaupun begitu nilai tukar bitcoin ke rupiah masih sangatlah tinggi. Apalagi anak-anak sekolah pun banyak yang ikut 'invest' pada bitcoin karena rasa penasarannya. Namun, invest bitcoin memiliki resiko yang sangat tinggi. Harga yang tidak menentu dan berubah sewaktu-waktu membuat resikonya sangat tinggi.

Website tempat jual/beli bitcoin di indonesia yang paling umum adalah (indodax.com). Disitu kalian bisa beli/jual mata uang bitcoin, cara jual/belinya pun gampang banget. Tetapi, disarankan sebelum membeli bitcoin lebih baik menggali informasi terlebih dahulu tentang bitcoin ini. Agar meminimalisir terjadinya resiko yang besar di kemudian hari, dan jika sudah yakin maka akan gampang untuk terhindar dari resiko.

Nah, dari pengamatan saya sendiri keuntungan dan kerugian dari hasil bitcoin ini sekitar 50%-50%. Dari hasil itu pun tidak menjamin apakah akan mengalami keuntungan atau malah rugi. Jadi, harus benar-benar hati-hati dan tau kapan harus jual dan kapan harus beli agar dapat meraih keuntungan.
Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Internet
Menurut pengalaman dari teman yang ikut bitcoin ini, menurut mereka "emang sih keuntungan dari jual/beli bitcoin ini kerasa banget bagi para penggiatnya, tapi jangan sampai uang yang ditukarkan malah nihil hasilnya. Jangan sampai pas orang lain narik uang yang besar, kita-kita jadi ikutan pengen narik juga padahal grafik lagi turun."

Pages