Pengertian BIOS & Mengenal Apa Itu BIOS - ANAKBLOGGER.COM

Pengertian BIOS & Mengenal Apa Itu BIOS

Share This
BIOS adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari hardware komputer yang dibuat dengan bahasa Assembly. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System, istilah ini pertama kali muncul saat dijalankan di sistem operasi CP/M. Dalam bahasa Yunani, kata BIOS juga dapat diartikan menjadi 'kehidupan'.
Fungsi dari BIOS ini sangat dibutuhkan sekali oleh komputer, karena BIOS memiliki peran penting pada komputer dalam memuat sistem operasi, menyediakan intruksi saat proses startup komputer berlangsung.

Selain itu, BIOS juga mampu melakukan inisialisasi serta pengujian pada perangkat keras sering disebut juga dengan POST (Power On Self Test). Mengatur konfigurasi komputer seperti tanggal, jam, media penyimpanan, proses booting. Serta, membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses hardware dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu ROM Pada Komputer.
BIOS memiliki komponen dasar, diantaranya yaitu :
  1. Program BIOS Setup, memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer.
  2. Driver, untuk menjembatani antara komputer dengan hardware.
  3. Program Bootstraper, memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang ada.

Di masa yang akan datang, kemungkinan BIOS akan digantikan oleh sesuatu yang baru bernama EFI (Extensible Firmware Interface). BIOS digantikan karena sudah dianggap terlalu lama dan usang, dan juga masih berjalan pada mode lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages