Pengertian BIOS & Mengenal Apa Itu BIOS - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Pengertian BIOS & Mengenal Apa Itu BIOS

Share This
Pengertian BIOS & Mengenal Apa Itu BIOS - BIOS adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari hardware komputer yang dibuat dengan bahasa Assembly. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System, istilah ini pertama kali muncul saat dijalankan di sistem operasi CP/M. Dalam bahasa Yunani, kata BIOS juga dapat diartikan menjadi 'kehidupan'.
Fungsi dari BIOS ini sangat dibutuhkan sekali oleh komputer, karena BIOS memiliki peran penting pada komputer dalam memuat sistem operasi, menyediakan intruksi saat proses startup komputer berlangsung. Walau begitu, masih banyak pengguna yang masih belum mengetahui peran dan fungsi dari BIOS karena biasanya BIOS hanya digunakan atau dijalankan ketika ada problem pada komputer atau laptop, misalnya untuk menginstal ulang sistem operasi.


Selain itu, BIOS juga mampu melakukan inisialisasi serta pengujian pada perangkat keras, atau sering disebut juga dengan POST (Power On Self Test). Dapat mengatur beberapa konfigurasi komputer seperti tanggal, jam, media penyimpanan, proses booting dan lainnya. Serta, membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses hardware dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu ROM Pada Komputer.
Walaupun BIOS ini termasuk perangkat lunak akan tetapi BIOS ini berbeda dengan perangkat lunak lainnya, BIOS tidak terinstal di disk drive laptop atau komputer melainkan terinstal pada Chip flash atau yang sering dikenal dengan nama CMOS. Maka dari itu, sebagai pengguna laptop atau komputer perlu mengetahui dan belajar cara menjalankan BIOS dengan baik, karena nantinya sewaktu-waktu BIOS ini akan dibutuhkan.

Disamping fungsi dari BIOS ini sangat penting perannya bagi laptop atau komputer, BIOS memiliki 3 komponen dasar, diantaranya yaitu :
  1. Program BIOS Setup, memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer.
  2. Driver, untuk menjembatani antara komputer dengan hardware.
  3. Program Bootstraper, memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang ada.

Di masa yang akan datang, disebutkan ada kemungkinan bahwa nantinya BIOS akan digantikan oleh sesuatu yang baru dan lebih modern (canggih) bernama EFI (Extensible Firmware Interface). Alasan mengapa BIOS digantikan, karena sudah dianggap terlalu lama dan usang, dan juga masih berjalan pada mode lambat (low mode).

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close