Cara Setting PCSX2 1.6.0 Agar Tidak Lag & Lemot - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Setting PCSX2 1.6.0 Agar Tidak Lag & Lemot

Share This

Cara Setting PCSX2 1.6.0 Agar Tidak Lag & Lemot - Anak-anak kelahiran pada tahun 90an pasti pernah mengalami masa-masa saat bermain game console PS2 di rental ataupun dirumah, mungkin tahun 2008an ke atas PS2 sedang digemari dikalangan para remaja. Game yang dihadirkan pada PS2 pun saat itu sangat seru untuk dimainkan karena sangat berbeda dengan console sebelumnya yaitu PS1, terutama dari segi grafik permainan.

Di beberapa tempat, PS2 masih dimainkan hingga saat ini walaupun sekarang banyak berbagai versi console keluaran terbaru dari Playstation. Hal ini membuktikan bahwa game dari PS2 masih sangat digemari, game-game seperti GTA, Downhill, The Warriors juga masih banyak dimainkan hingga saat ini di PS2. Sangat bernostalgia sekali bukan?


Sebagai pecinta game console Playstation, hasrat ingin bermain PS2 kadang-kadang muncul seketika, akan tetapi langkanya rental yang saat ini menyewakan console PS2 membuat kita sebagai pengguna merasakan sedikit kecewa. Rental-rental console lebih banyak menyewakan console PS3, PS4 dan PS5. Mau beli console PS2-nya juga agak sayang banget uangnya karena mungkin bakalan cuma main sebentar.


Nah, bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop tidak perlu khawatir lagi untuk bisa main console PS2. Tidak perlu repot-repot harus mempunyai console agar bisa bermain, cukup menggunakan emulator PCSX2 saja sudah bisa bermain game PS2 seperti pada consolenya.


Agar bisa bermain game PS2 di laptop atau komputer, Anda hanya perlu mendownload emulator PCSX2 1.6.0 dan menginstalnya di laptop atau komputer. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengunduh iso dari permainan atau game yang ingin dimainkan. Jika di ibaratkan, iso seperti kaset (CD) jika pada console.


Cara Mengatasi PCSX2 1.6.0 Lambat & Patah-Patah

Banyak keluhan dari beberapa orang ketika memainkan game PS2 di emulator PCSX2, keluhan-keluhan tersebut mengenai lambat & patah-patah pada saat bermain game. Memang, bermain game PS2 di emulator PCSX2 ini seharusnya memiliki spesifikasi laptop atau komputer yang tinggi yang menunjang performa, grafik dari game agar bisa bermain dengan lancar tanpa gangguan. 

 

Apakah bisa menggunakan PCSX2 1.6.0 untuk spesifikasi laptop/komputer yang spesifikasinya low? Tentu saja bisa.

 

Supaya bisa bermain game PS2 di emulator PCSX2 dengan lancar tanpa hambatan seperti lag, lemot, patah-patah, lambat, dan lain sebagainya diperlukan konfigurasi emulator terlebih dahulu. 


Baca Juga : 


Konfigurasi diperlukan untuk meminimalisir terjadinya lag, lemot, patah-patah pada saat bermain game. Konfigurasi emulator juga perlu disesuaikan dengan spesifikasi perangkat laptop/komputer yang kita gunakan untuk bermain. Jika tidak di sesuaikan, biasanya akan mengalami lag, lemot, patah-patah. 


Secara default, konfigurasi dari bawaan emulator menengah ke atas. Hal ini tidak akan mengalami masalah jika spesifikasi yang digunakan memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan emulator. Namun, jika konfigurasi bawaan ini diterapkan pada spesifikasi laptop/komputer kita yang low spesifikasi maka akan terjadi lag, lemot, patah-patah.


Untuk meminimalisir terjadinya lambat, lemot, patah-patah silahkan untuk melakukan konfigurasi terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Silahkan ikuti dan praktekkan langsung ya.


Cara Konfigurasi PCSX2 1.6.0 Agar Lancar 

1. Pastikan emulator PCSX2 1.6.0 sudah terinstal dengan baik di laptop/komputer.

2. Pada tab menu PCSX2 First Time Configuration, hilangkan centang pada Use Default Setting.

3. Pada BIOS Search Path, klik browse lalu pilih folder BIOS disimpan.

4. Pilih BIOS versi USA.

5. Selanjutnya, masuk ke Emulation Settings dengan cara Config > Emulation Settings > GS.

6.  Samakan konfigurasi dengan gambar dibawah ini



Jika masih lemot, bisa juga dengan mengubah menjadi :

  • Base Framerate Adjust : 100%
  • Slow Motion Adjust : 30%
  • Turbo Adjust : 300%


7. Kemudian, pada menu GS Windows samakan dengan konfigurasi dibawah ini.


Jika masih lemot, bisa juga dengan mengubah menjadi :

  • Aspect Ratio : Standard (4:3)
  • FMV Aspect Ratio Override : Standard (4:3)
  • Custom Window Size : 320 x 240


8. Pada menu Speedhacks centang semua pilihan, kecuali Enable Fast CDVD.

9. Selanjutnya, buka menu Plugin Setting dengan cara klik Config > Audio > Plugin Setting.

10. Samakan konfigurasi dengan gambar dibawah ini.


11. Terakhir, klik Config > Video > Plugin Setting.

12. Samakan konfigurasi dengan gambar dibawah.


 

Setelah mengikuti semua konfigurasi diatas, lakukan restart emulator dengan cara menutup terlebih dahulu lalu membukanya kembali, kemudian jalankan file iso yang Anda ingin mainkan. Cek dan rasakan perbedaan setelah melakukan konfigurasi.

 

Demikianlah artikel mengenai Cara Setting PCSX2 1.6.0 Agar Tidak Lag & Lemot. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu mengenai problem emulator ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan bagikan ke rekan sekitarmu apabila artikel ini bermanfaat untuk Anda. 


Jika ada pertanyaan seputar penjelasan artikel ini silahkan tulis pada kolom komentar, ya!

6 comments:

  1. min sy ikutin caranya berhasil sih, tapi kok kecepetan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek & sesuaikan konfigurasi di tab Speedhacks

      Delete
  2. Min yang pengaturan videos langkah terakhir gambarnya gak ada

    ReplyDelete
  3. Min, saya main Final Fantasy 12, masih lemot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan perlu ada pengaturan di gameplay nya juga, grafik dllnya perlu di turunkan.

      Delete

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close