Pengertian & Definisi Algoritma Greedy - ANAKBLOGGER.COM

Pengertian & Definisi Algoritma Greedy

Share This
Apa Itu Algoritma Greedy?
Algoritma Greedy adalah Algoritma yang paling sering digunakan untuk mencari persoalan tentang optimasi, Algoritma Greedy merupakan algoritma yang pada setiap langkahnya mencari nilai maksimal menggunakan pendekatan persoalan. Dalam beberapa persoalan sederhana, Algoritma Greedy dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan rute, algoritma ini akan mencari rute tercepat dari titik awal hingga ke titik tujuan.
Algoritma Greedy akan menyelesaikan permasalahan dalam bentuk langkah per langkah (step by step), algoritma ini akan mencari kemungkinan nilai yang paling memungkinkan hingga muncul keputusan terbaik diantara beberapa pilihan. Jika pilihan sudah dipilih, maka tidak bisa kembali lagi untuk langkah selanjutnya.

Contoh sederhana penggunaan Algoritma Greedy pada gambar dibawah :
 
Bisa dilihat pada gambar diatas, gambar diatas merupakan rute perjalanan dari Stadion Singaperbangsa ke Lapangan Karangpawitan Baru. Pada gambar diatas nampak ada 2 kemungkinan, yaitu melalui jalur sebelah kanan (rute warna abu) dan kiri (rute warna biru) pada jalan di sekitar Stadion Singaperbangsa.
 
Sistem Google Maps membandingkan antara kedua rute tersebut, dan melihat kemungkinan yang ada. Kemungkinan yang akan diambil adalah rute paling cepat menuju Lapangan Karawangpawitan Baru, maka rute yang diambil adalah jalan sebelah kiri (rute warna biru).
Baca Juga : Mengenal Apa Itu Struktur Data
Maka rute tercepat yang diambil adalah :
  • Stadion Singaperbangsa > Asuransi BMP > Kantor Imigrasi > Kodim 0604 > Jl. Veteran > Lapangan Karawangpawitan Baru.

Sesuai penjelasan diatas, Algoritma Greedy tidak bisa kembali jika sudah menentukan pilihan, sama halnya dengan rute ini. Maka, yang dapat dilakukan adalah melanjutkan dengan menentukan pilihan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages