Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Kotlin? - ANAKBLOGGER.COM

Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Kotlin?

Share This
Kotlin adalah bahasa pemrograman dengan pengetikkan statis yang berjalan pada Java Virtual Machine (JVM) atau kompiler Low Level Virtual Machine (LLVM) yang dapat dikompilasi dalam bentuk bahasa Javascript.
Kotlin dirilis pada 15 Februari 2016 dengan versi 1.0. Versi ini menjadi versi rilisan pertama yang dikembangkan oleh Jetbrains. Kemudian, pada Google I/O 2017 Google mengumumkan dukungan pada versi 1.1 Kotlin pada Android. Kotlin versi 1.2 yang rilis pada 28 November 2017 menambahkan fitur berbagi antara JVM dan platform Javascript. Kotlin versi 1.3 adanya coroutines pada asynchronous.

Kotlin didesain untuk dapat bekerjasama dengan bahasa pemrograman Java, library/pustaka java pun masih digunakan pada kotlin bahkan framework java yang ada pun bisa dipakai pada kotlin. Karena Kotlin masih tergolong baru, masih banyak beberapa fitur yang belum kompatibel pada bahasa pemrograman ini, jadi masih lebih komplit pada Java.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman PHP
Salah satu hal unik dari Kotlin adalah bahasa pemrogramannya dapat di mixing dengan Java, artinya bahasa pemrograman Kotlin dan Java dapat dijalankan pada satu aplikasi yang sama. Jadi, apabila anda mempunyai aplikasi dengan bahasa pemrograman Java, tidak perlu khawatir karena aplikasi dapat berjalan juga pada kotlin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages