Langkah Awal Memulai Pemrograman Bahasa C - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Langkah Awal Memulai Pemrograman Bahasa C

Share This
Bahasa C adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk sistem operasi Unix di Telephone Laboratories. Saat ini bahasa C sudah berkembang sangat pesat hingga dapat berjalan pada berbagai platform sistem operasi dan juga pada beberapa compiler.

C menjadi extend dari C++. Dimana C++ merupakan bahasa pemrograman yang di adaptasi dari bahasa pemrograman C. Pada awalnya C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Namun, Bahasa C saat ini berkembang dan sering digunakan untuk mengembangkan software.

Sekarang, bahasa C banyak digunakan di beberapa Perguruan Tinggi sebagai kurikulum awal yang dibungkus dengan nama mata kuliah Pemrograman Dasar.
Baca Juga : Membuat Nilai Minimum & Maksimum Dari 2 Bilangan Dengan C
Kemudian, Bagaimana memulai bahasa pemrograman bahasa C? Silahkan simak penjelasan berikut ini ya.

1. Instal IDE yang dapat mengkompilasi bahasa C
Langkah pertama untuk memulai bahasa pemrograman bahasa C yaitu dengan menginstal IDE yang dapat mengkompilasi bahasa C. Ada banyak IDE yang dapat digunakan, misalnya dengan CodeBlocks ataupun dengan IDE lainnya. Kemudian, jika sudah menginstal silahkan mencoba untuk membuat sebuah project baru bahasa C pada IDE. Maka akan muncul default project dengan hasil run 'Hello World'.

2. Pelajari Fundamental
Fundamental dalam setiap bahasa pemrograman apapun sangatlah penting, tidak terkecuali dengan bahasa C. Mempelajari struktur dasar penulisan kode bahasa C, mempelajari operator dan tipe data, array, function dan lain sebagainya untuk membangun sebuah aplikasi.

3. Perkuat Logika/Algoritma
Selanjutnya apabila Fundamental untuk bahasa pemrograman C sudah dirasa baik, pelajari dan perkuat logika/algoritma. Mengapa perlu? karena nantinya jika dalam membangun sebuah program yang sudah sangat kompleks, logika/algoritma ini amatlah perlu. Logika/Algoritma dapat diperkuat dengan mempelajari teka-teki atau bahkan bisa melalui game.

Mungkin dengan mengikuti 3 langkah diatas bisa lebih mematangkan dalam memulai mempelajari bahasa C. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close