Mengenal Struktur Dasar Pemrograman Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Mengenal Struktur Dasar Pemrograman Java

Share This
Mengenal Struktur Dasar Pemrograman Java - Pada artikel ini kita akan mempelajari struktur-sturktuJava merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dikalangan programmer. Java adalah adaptasi dari pengembangan bahasa C, dan penulisan kode nya pun tak jauh beda dengan C.
Untuk seorang pemula yang baru mempelajari bahasa java, wajib dan perlu mengetahui struktur dasar yang ada pada java. Pengetahuan mengenai struktur dasar pada java sangat perlu diketahui sebelum melangkah ke tingkat berikutnya. 

Pada saat pertama kali membuat program dengan java, biasanya akan menampilkan kode seperti pada contoh berikut :


Dari contoh diatas, apabila program di run maka akan menampilkan "Hello World".
Baca Juga : Ukuran Memori Tipe Data Pada Java.
Secara umum, struktur dasar pada java ada 4 yaitu :
  • Package
  • Library
  • Class
  • Method Main

Package
Package adalah folder yang berisi file-file java dalam satu program. Sintaks package biasanya akan terbuat secara otomatis pada saat membuat program baru.

Kemudian com.akarui.latihan adalah nama domain. Domain ini biasanya dipakai untuk membuat aplikasi Android. Selain itu, apabila tidak menggunakan package tidak akan terjadi masalah pada program. Aturan domainnya adalah dibalik kemudian diikuti nama programnya.

Library
Library merupakan pustaka yang dapat digunakan dalam membuat program. Dalam contoh diatas tidak menampilkan library, namun biasanya ketika membuat project besar akan ada library yang dipakai.

Contoh penggunaan library seperti dibawah ini :
import.java.util.scanner


Class
Class adalah deklarasi nama program, penamaan class harus sama dengan nama project yang dibuat karena jika beda maka akan terjadi error nantinya.
Class merupakan pembungkus dari method-method atau fungsi yang akan dibuat. Class diawali dengan kurawal buka { dan diakhiri dengan kurawal tutup }

Method Main
Method Main merupakan kunci utama dimana file akan dieksekusi pertama kali. Pada contoh struktur dasar diatas, sintaks method main seperti ini :

public static void main(String args[]){
        System.out.println("Hello World");
    }

Maka program akan mengeksekusi method tersebut untuk pertama kali. Method main mempunyai parameter args yang dimana parameter tersebut akan menyimpan nilai di command line. Maka method akan di eksekusi dan menampilkan sintaks didalamnya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close