Cara Mengatasi Excel Cannot Open The File ‘file xlsx’ Because The File Format For The File Extension Is Not Valid - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Excel Cannot Open The File ‘file xlsx’ Because The File Format For The File Extension Is Not Valid

Share This
Cara Mengatasi Excel Cannot Open The File ‘file xlsx’ Because The File Format For The File Extension Is Not Valid - Microsoft Excel merupakan software milik Microsoft yang sangat populer seperti Microsoft Word. Sama halnya dengan word, excel pun memiliki pengguna setia yang menggunakan software ini.
Microsoft Excel memang menjadi salah satu software dari Microsoft Office yang sangat populer di dunia, bukan hanya di Indonesia. Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah kata yang mempunyai fitur mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Beberapa profesi sangat terbantu dengan adanya Excel ini dan menjadi software wajib.


Selain itu, perusahaan pun biasanya akan sangat membutuhkan para pekerja yang memiliki skill dalam menggunakan Excel. Maka dari itu, tidak ada ruginya apabila kita belajar cara menggunakan Excel yang baik dan benar karena lapangan pekerjaan sangat membutuhkan orang yang di bidang ini. 

Namun, dibalik kelebihannya ini terdapat beberapa permasalahan yang seringkali muncul dan cukup mengganggu kenyamanan para pengguna. Mungkin pada beberapa pengguna tersebut pernah mengalami masalah pada excelnya, masalah-masalah ini hampir sama juga dengan yang ada pada word. 

Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka

Salah satu masalahnya adalah Misalnya saja problem Excel Cannot Open The File ‘file xlsx’ Because The File Format For The File Extension Is Not ValidMasalah-masalah seperti ini memang kerap kali sering terjadi dan mungkin hampir terjadi pada setiap versinya. Alhasil, versi yang terbaru pun tidak menjamin adanya problem pada excel ini.

Pada problem yang disebutkan diatas adalah file excel tidak bisa terbuka, saat file akan dibuka di excel akan muncul pesan error dan bertuliskan kalimat tersebut. Kalimat tersebut apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya Excel tidak bisa membuka file 'file xlsx' karena format file untuk ekstensi tidak valid.

Baca Juga :

Hal tersebut terjadi mungkin karena beberapa faktor, misalnya format file dokumen memiliki versi yang berbeda pada saat awal dokumen tersebut dibuat. Alangkah baiknya memperhatikan versi terlebih dahulu sebelum membuat dokumen agar saat dibuka di komputer atau laptop lain bisa dibuka.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Cara Memperbaiki File Excel Tidak Bisa Dibuka

Cara Pertama :
1. Buka Microsoft excel seperti biasanya (buka manual tanpa dokumen).
2. Kemudian pilih File.
3. Pilih Save & Send >> Change File Type.
4. Rubah format dokumen menjadi .xlsx, .ods, .atau .xlsm.
5. Pilih Save As dan beri nama, kemudian Save.

Cara Kedua :
1. Buka Microsoft Excel.
2. Kemudian pilih File lalu pilih Open.
3. Cari file yang mengalami problem.
4. Kemudian, pada saat akan dibuka, klik icon di sebelah tulisan tombol Open.
5. Pilih Open and Repair.

Penutup

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, silahkan restart excel dan jalankan ulang software. Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Excel Cannot Open The File ‘file xlsx’ Because The File Format For The File Extension Is Not Valid. Semoga dengan adanya konten artikel ini dapat memberikan solusi untuk Excel yang tidak dapat dibuka.

Terimakasih sudah membaca hingga akhir dan berkunjung pada blog sederhana ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel. Jika mengalami kendala, silahkan berkomentar agar dapat dibantu. Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan ya.

6 komentar:

  1. Pilih save dan endnya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat klik File, lalu pilih Save & Send

      Hapus
  2. Udah dicoba, akhirnya cuma buat file dg format baru.
    Di buka file yg rusak tetep rusak.
    Harusnya seperti apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gunakan cara yang kedua ya!

      Hapus
  3. Kenapa gak bisa dicoba semua cara

    BalasHapus
  4. muncu notifikasi "nama file" this file is in use. enter a new name or close the file that's open in another program . . . .
    maksudnya apa tuh min. mohon batuannya. terima kasih

    BalasHapus

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close