5+ Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

5+ Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot

Share This
Windows_Phone_icon-icons.com_66782
5+ Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot - Windows 10 merupakan keluaran versi terbaru dari operasi sistem windows. Sebelumnya, windows telah merilis beberapa versi yang sama baiknya dengan saat ini. Hanya saja, tambahan beberapa fitur dan perubahan desain sistem yang agak sedikit berbeda dari sebelumnya.
Windows_Phone_icon-icons.com_66782
Untuk para pengguna windows 10 pasti pernah mengalami masa-masa dimana saat menggunakan laptop atau komputer yang terinstal windows 10 tiba-tiba lemot. Entah kenapa penyebabnya, yang jelas laptop atau komputer mendadak lemot saat digunakan. Hal itu ternyata sudah dianggap lumrah oleh sebagian pengguna, karena sudah seringkali terjadi seperti itu berulang kali.

Padahal, sudah sangat jelas hal itu sangat mengganggu kenyamanan penggunanya sendiri. Ketika sedang dibutuhkan, laptop atau komputer malah lemot. Pada beberapa kasus, hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor yang menyebabkan laptop atau komputer menjadi lemot.

Faktor tersebut dikarenakan kinerja dan performa dari operasi sistem tidak maksimal sehingga ketika laptop atau komputer digunakan akan mengalami kelebihan beban yang menyebabkan terganggunya sistem dan mengakibatkan lemot.



Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi windows 10 yang lemot, silahkan disimak ya.
Baca Juga : Mengatasi Windows 10 Your Windows License Will Expire Soon
5+ Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot
1. Nonaktifkan Service Yang Tidak Perlu
Hal yang tidak disadari oleh beberapa pengguna windows 10 adalah service yang terus berjalan di operasi sistem. Padahal, ada beberapa service yang tidak perlu yang bisa dinonaktifkan sementara untuk meningkatkan kinerja dari operasi sistem. Untuk menonaktifkan service, dapat dilakukan melalui Task Manager > Service.

2. Restart Laptop atau Komputer
Cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan, melakukan restart pada perangkat laptop atau komputer. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi Windows 10 yang lemot. Mungkin ketika laptop atau komputer sudah lama digunakan, banyak service dan aplikasi yang berjalan yang mengakibatkan kinerja dari windows 10 tidak maksimal.


3. Bersihkan Cache
Selanjutnya, windows 10 yang lemot bisa juga disebabkan karena banyaknya cache yang menumpuk. Cache yang menumpuk bisa mengganggu kinerja dari sistem operasi itu sendiri,  dan menyebabkan lemot pada perangkat. Untuk membersihkan cache dapat menggunakan aplikasi CCleaner atau juga bisa menggunakan aplikasi lainnya.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Banyaknya aplikasi yang terinstal di laptop atau komputer juga bisa mempengaruhi dari kinerja laptop atau komputer. Karena, aplikasi yang terinstal di laptop atau komputer akan melakukan aksi secara otomatis, dan berpengaruh terhadap performa laptop atau komputer. Sebaiknya, digunakan aplikasi yang diperlukan saja dan hapus aplikasi yang sekiranya tidak perlu.

5. Gunakan SSD
Terakhir bisa dilakukan bisa juga tidak, ini karena membutuhkan budget yang cukup untuk menggunakan SSD. Saat ini, banyak laptop atau komputer keluaran terbaru yang sudah menggunakan SSD. Itu karena windows 10 memerlukan spesifikasi yang cukup (medium) untuk digunakan secara maksimal. Bisa saja menggunakan HDD, akan tetapi kinerja yang dihasilkan akan kurang maksimal.

Demikian artikel mengenai 5+ Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot. Semoga dapat membantu dan mengatasi berbagai problem yang ada. Terimakasih sudah membaca, wassalam.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close