[Belajar HTML] : Apa Itu Komentar Dalam HTML? - ANAKBLOGGER.COM

[Belajar HTML] : Apa Itu Komentar Dalam HTML?

Share This

Dalam pemrograman, tentu kita mengenal yang namanya komentar. Namun, bagi sebagian programmer pemula pasti sedikit kebingungan tentang komentar ini. Komentar yang dimaksud bukan seperti berkomentar di sosial media atau forum-forum. Komentar dalam HTML merupakan sebuah tanda yang biasanya berisikan kalimat sebagai penanda baris source code.
Penggunaan komentar biasanya dilakukan pada source code yang berisikan beberapa line/baris yang panjang. Penggunaan komentar pada source code dengan baris yang panjang sangat efektif untuk membantu pekerjaan programmer menjadi lebih mudah, jadi komentar bukanlah sebuah kalimat yang berisikan kritik/saran namun menjadikan tanda dalam menulis kode program.

Tag yang digunakan untuk membuat sebuah komentar adalah dengan menggunakan tag (<!--) dan diakhiri dengan tag (-->), komentar dapat digunakan pada setiap baris/line namun hal tersebut sangat tidak disarankan. Lebih baik penggunaan komentar digunakan pada kode program yang terlalu panjang atau juga saat bekerja sebagai team.
Baca Juga : Apa Itu HTML?
Dengan adanya komentar, saat bekerja team pekerjaan menulis kode lebih mudah dan dapat cepat dimengerti. Tidak perlu menanyakan kembali penjelasan source code yang ditulis oleh orang lain karena sudah ditulis dengan komentar.

Bukan hanya HTML, tapi beberapa bahasa pemrograman seperti java, vb, php, dll juga dapat membuat suatu komentar diatas baris kode program. Fungsinya pun sama, hanya menjadikan sebuah tanda saat menulis kode program, namun cara penulisan komentar pada setiap bahasa pemrograman berbeda.

Komentar tetap ditulis pada teks editor namun tag yang dibalut dengan komentar tidak akan tampil pada view aplikasi yang dibuat. Jadi, menulis kode program dengan komentar atau tanpa komentar pun sebenarnya tidak ada pengaruhnya. Hanya saja dalam hal ini, catatan sangat penting saat menulis kode program agar tidak lupa.
Baca Juga : Struktur Dasar HTML
Contoh penulisan komentar pada HTML :
<html>
<head>
    <title> program html pertama hello world </title>
    </head>
<body>
<!-- ini contoh komentar -->
<p> ini adalah program html pertamaku </p>

</body>
</html>

Ketika di running hasil program akan menghasilkan tulisan 'ini adalah program html pertamaku'. Mengapa 'ini contoh komentar' tidak muncul? karena kalimat tersebut dibalut dengan tag komentar, jadi komentar hanya bisa dilihat oleh penulis kode bukan oleh user/pengguna.

Pages