Apa Itu Android Studio? - ANAKBLOGGER.COM
Saat ini perkembangan Android didunia semakin pesat dan berkembang, aplikasi-aplikasi Android yang ada pun juga semakin menarik. Apakah kalian tahu menggunakan tools apa sih dalam membangun aplikasi di Android? kalian bisa menggunakan tools Android Studio dalam membangun sebuah aplikasi Android.

Apa sih Android Studio?
Android Studio merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membangun aplikasi Android. Android Studio merupakan keluaran resmi yang dimiliki oleh Google dan dikembangkan oleh Intellij.

Sebelum adanya Android Studio ini, Google sempat mendukung Eclipse sebagai IDE resminya. Namun, saat ini Google telah mengalihkan pilihannya pada Android Studio. Semenjak berpindah haluan ke Android Studio, Google memberhentikan dukungannya pada Eclipse dan mencabut support ADT dan memindahkannya ke Android Studio.

Mengapa Android Studio?
Android Studio sangat cocok digunakan oleh pemula dalam pembelajaran mengembangkan aplikasi Android. Sama seperti Netbeans, di Android Studio user bisa melakukan drag and drop yang dimana hal ini akan memudahkan para pemula khususnya dalam mempelajari mengembangkan aplikasi Android.

Selain itu, banyaknya referensi tutorial dari video maupun artikel yang mudah dipahami, menjadikan Android Studio ini pilihan utama para pemula dalam membangun aplikasi Android.  

Apa yang Perlu dipersiapkan?
Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kemampuan dari laptop/pc itu sendiri. Karena dalam memproses berjalannya Android Studio akan memakan banyak RAM. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan hal ini terlebih dahulu, apabila tetap dipaksakan dengan kemampuan yang ada, akan sedikit menghambat dalam proses pengembangan aplikasi.

Hal kedua, mengerti atau menguasai setidaknya bahasa pemrograman Java. Yaps, karena dalam membangun aplikasi Android di Android Studio menggunakan bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, persiapkan hal ini terlebih dahulu. Dalam Android Studio, ada 2 bahasa pemrograman lagi selain Java, yaitu C++ dan Kotlin.

Setelah dua hal tersebut dipenuhi, maka hal ketiga adalah tekad. Yaps apabila tekad belajar tinggi, maka akan semakin cepat pula mengerti dalam mengembangkan aplikasi Android. Butuh kesabaran memang dalam menguasai, namun apabila terus diasah setiap hari bukan tidak mungkin apabila nantinya akan menjadi seorang Developer Android Expert.
Tampilan Awal Android Studio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages