Cara Mengenkripsi Data Pada phpMyAdmin MySQL - ANAKBLOGGER.COM

Cara Mengenkripsi Data Pada phpMyAdmin MySQL

Share This
Sebelumnya, saya anggap teman-teman disini sudah memahami phpMyAdmin dan dapat mengakses localhost dengan browser. Apabila ada yang belum mengetahui bagaimana cara mengakses phpMyAdmin dengan browser bisa membaca panduan di cara akses phpMyAdmin dengan browser.
Fitur yang ada pada phpMyAdmin saat ini semakin memudahkan penggunanya, mengubah data non enkripsi bisa di enkripsi dengan mudah. Data yang dienkripsi biasanya berupa data yang sangat penting dan tidak boleh diketahui oleh oranglain (termasuk admin), data yang sering di enkripsi adalah data password, pin, ataupun kata kunci. 

Mengenkrip data dapat mengurangi resiko dan meminimalisir terjadinya kecurangan atau kesalahan pada sistem, data yang tidak di enkripsi biasanya lebih rentan terjadi kesalahan pada sistem. Data yang terenkripsi akan berubah menjadi kode acak yang manusia awam tidak akan mengerti maksud dan arti dari kode tersebut.
Baca Juga : Mengenal Apa Itu phpMyAdmin?
Mengenkrip data bisa dilakukan sangat mudah dengan memanfaatkan fitur yang ada pada phpMyAdmin. Untuk langkah-langkahnya, silahkan ikuti penjelasan dibawah ini : 
1. Run localhost/phpmyadmin pada browser.
2. Pilih database, kemudian pilih tabel yang datanya akan di enkrip.
3. Data akan muncul seperti pada contoh gambar berikut.
4. Klik ubah pada data yang akan di edit.
5. Ubah Fungsi pada kolom yang akan di enkrip menjadi MD5, seperti pada contoh gambar berikut.
6. Terakhir, Klik kirim.

Data yang tadinya bisa dibaca dengan mudah akan otomatis menjadi huruf acak yang akan membuat bingung. Setidaknya dengan cara tersebut, bisa meminimalisir terjadinya kecurangan atau kesalahan yang akan terjadi. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Pages