Pengertian & Tahapan Metode SDLC Waterfall - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Pengertian & Tahapan Metode SDLC Waterfall

Share This
SDLC (Software Development Life Cycle) dalam perangkat lunak adalah alur pembuatan dan perubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem tersebut. Metode Waterfall adalah model pengembangan perangkat lunak (software) yang menekankan fase-fase berurutan dan sistematis.
Fase-fase berurutan dan sistematis metode waterfall dibagi menjadi 5 tahap, yaitu tahapan requirements, tahapan design, tahapan implementation, tahapan verification, dan tahapan maintenance.

Tahapan-tahapan tersebut dapat berjalan secara berurutan dan tidak boleh mendahului, misalnya pertama tahapan design kemudian tahapan requirements. Tahapan yang berjalan secara berurutan dan sistematis bersifat mutlak. 
Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan Algoritma Greedy
Selanjutnya, penjelasan lebih lanjut mengenai 5 tahapan-tahapan metode waterfall. Silahkan disimak ya.
 
1. Tahapan Requirements
Tahapan ini pengembang (developer) perlu mencari kebutuhan-kebutuhan apa saja yang nantinya akan dibuat agar dapat lebih dipahami dan dimengerti oleh pengguna nantinya, tahapan requirements dapat dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.

2. Tahapan Design
Selanjutnya apabila tahapan requirements sudah terpenuhi, pengembang perlu melakukan tahapan design agar perangkat lunak berjalan dengan baik, serta memiliki alur cara kerja aplikasi yang baik.


3. Tahapan Implementation
Di tahapan ini pengembang sudah membuat unit program yang belum sempurna, kemudian diuji testing bagaimana perangkat lunak dapat berjalan.

4. Tahapan verification
Tahapan selanjutnya pengembang akan melakukan pengujian program unit keseluruhan yang telah dibuat, pengembang dapat mengetahui kegagalan dan kesalahan yang ada pada program, sehingga dapat diperbaiki dan dapat diketahui dimana kegagalan tersebut.

5. Tahapan Maintenance
Tahapan terakhir adalah tahapan maintenance. Pengembang (developer) dapat melakukan perbaikan pada perangkat lunak yang sudah jadi apabila mengalami kesalahan yang tidak diketahui pada tahapan sebelumnya

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close