Membuat CRUD Retrofit MySQL Dengan Android Studio Menggunakan Java [Bagian 5 : Delete Data] - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Membuat CRUD Retrofit MySQL Dengan Android Studio Menggunakan Java [Bagian 5 : Delete Data]

Share This
Android_icon-icons.com_66772
Membuat CRUD Retrofit MySQL Dengan Android Studio Menggunakan Java [Bagian 5 : Delete Data] - Kita akan melanjutkan project sebelumnya yang telah dibuat, kali ini akan menambahkan fungsi delete pada aplikasi. Ikuti tutorial sebelumnya terlebih dahulu sebelum melanjutkan pada tutorial ini, ikuti tutor di link berikut Membuat CRUD Retrofit MySQL Dengan Android Studio Menggunakan Java [Bagian 4 : Update Data].
Android_icon-icons.com_66772
Oke baik, untuk langkah selanjutnya silahkan buka aplikasi yang telah dibuat pada Android Studio, kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Buat folder project baru pada Android Studio dengan cara klik kanan di res >> new >> Android resource directory. Beri nama directory name dan resource typenya menu.
Baca Juga : Membuat Alert Dialog di Android Studio.
Buat file xml baru pada folder menu yang telah dibuat sebelumnya. Klik kanan pada folder menu >> new >> Menu resource file. Kemudian beri nama delete.


Tambahkan kode berikut pada file delete.xml yang telah kita buat sebelumnya.

Buat file PHP dengan nama delete.php kemudian simpan pada directory yang telah dibuat seperti pada tutorial sebelumnya. Tambahkan kode berikut pada delete.php.

Selanjutnya tambahkan kode berikut ini pada UpdateActivity.java.

Tambahkan juga kode pada RegisterApi.java untuk mengirim request pada database.

Terakhir jangan lupa untuk mengubah kode onOptionsItemSelected pada UpdateActivity.java menjadi seperti berikut.


Jalankan aplikasi pada emulator atau juga pada device smartphone dan lihat hasilnya seperti apa. Apabila mengalami kendala terkait tutorial diatas, silahkan berkomentar pada kolom komentar untuk dapat dibantu mengenai kendalanya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close