2+ Cara Mengatasi Harddisk Yang Tidak Terbaca - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

2+ Cara Mengatasi Harddisk Yang Tidak Terbaca

Share This
Cara Mengatasi Harddisk Yang Tidak Terbaca - Harddisk merupakan alat penyimpanan file sementara yang berbentuk kotak atau persegi panjang. Fungsi dari alat ini sama seperti halnya dengan flashdisk yaitu untuk menyimpan berbagai file dan jenis file apapun. Akan tetapi kapasitas dan juga harga dari kedua alat tersebut berbeda jauh, flashdisk cenderung lebih murah harganya dan hanya memiliki kapasitas lebih sedikit dibandingkan dengan Harddisk.
Jika sebelumnya harddisk hanya bisa digunakan didalam perangkat seperti Komputer ataupun laptop, saat ini harddisk sudah tersedia sebagai memori eksternal. Hanya memerlukan USB dan juga kabel penghubung antara laptop dan juga Harddisk. Kisaran harga dari Harddisk saat ini di angka sekitar 400 ribu hingga 1+ juta. Semakin mahal harganya maka akan semakin banyak kapasitas yang didapatkan.

Sama seperti media penyimpanan lainna, Harddisk memiliki kerentanan terhadap virus komputer. Perlu melakukan protect agar Harddisk dapat dirawat dengan baik tanpa adanya virus didalamnya. Ada beberapa problem yang sering terjadi pada Harddisk, misalnya saja masalah Harddisk yang tidak terbaca di laptop atau komputer. 

Beberapa pengguna yang mengeluhkan masalah tersebut lebih banyak seorang pengguna Harddisk baru, alias Harddisk yang baru dibeli kemudian dicolokkan pada laptop atau komputer dan hasilnya tidak terdeteksi! Bagaimana bisa? Biasanya hal tersebut dikarenakan masih baru dan belum pernah bersentuhan dengan laptop atau komputer manapun, oleh sebab itu driver bawaan dari Harddisk belum ada di laptop atau komputer yang baru dicolokkan dan memerlukan waktu untuk penginstalan otomatis.



Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa mengikuti langkah dibawah ini.
Baca Juga : Begini Ciri-Ciri Flashdisk Yang Terkena Virus
Cara Mengatasi Harddisk Yang Tidak Terbaca
1. Lakukan Konfigurasi di CMD
Agar Harddisk dapat terbaca seperti biasanya, lakukan cara berikut ini untuk mengatur beberapa mengkonfigurasi di CMD.
  • Buka CMD terlebih dahulu dengan menekan Windows + R, lalu ketikkan CMD.
  • Ketikkan perintah chkdsk E: /f di CMD dan tekan Enter.
  • Tunggu hingga proses perbaikan selesai.
  • Jika proses sudah selesai, cek kembali Harddisk yang tersambung di Windows Explorer.

2. Coba Beberapa Port Berbeda
Jika langkah pertama diatas terlalu rumit untuk diikuti, sambungkan Harddisk pada laptop dengan percobaan colokkan pada beberapa port yang berbeda, biasanya tiap laptop memiliki 2-3 port dan lakukan di setiap portnya. Cara ini terbukti efektif untuk beberapa kasus yang seringkali ditemui.

Demikianlah artikel mengenai 2+ Cara Mengatasi Harddisk Yang Tidak Terbaca.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close