Cara Menghilangkan Virus Shorcut Di Flashdisk - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Menghilangkan Virus Shorcut Di Flashdisk

Share This
devices_usbpendrive_dispositivos_717
Cara Menghilangkan Virus Shorcut Di Flashdisk - Virus pada flashdisk sudah  dianggap menjadi hal yang lumrah karena seringkali terjadi, mungkin hampir semua orang yang memiliki flashdisk pernah mengalami flashdisknya terjangkit dengan virus. Biasanya, flashdisk yang terjangkit virus ini berasal dari komputer atau laptop yang terdapat virus kemudian menularkan ke flashdisk yang tersambung.
devices_usbpendrive_dispositivos_717
Jenis virus pada flashdisk yang sering ditemui adalah virus jenis Shorcut. Virus ini sebetulnya tidak terlalu membahayakan, hanya saja sering mengganggu pandangan saat akan menggunakan flashdisk. Salah satu ciri yang menandakan flashdisk terinfeksi virus Shorcut adalah semua file yang ada di flashdisk berubah menjadi icon shorcut.

Isi dari file flashdisk seolah-olah menghilang, akan tetapi saat di cek kapasitas memori masih tampak normal dan flashdisk 'berisi' (kapasitas tidak kosong). Anda juga bisa membuka file yang ada di flashdisk dengan mengklik shorcut yang muncul. Tetapi, hal itu apabila dibiarkan akan menular ke perangkat lainnya.



Untuk menghilangkan virus Shorcut tersebut, silahkan ikuti dan gunakan tips dibawah ini.
Baca Juga : Cara Menampilkan Data Yang Hilang Akibat Virus
Cara Menghilangkan Virus Shorcut Di Flashdisk
1. Colokkan flashdisk ke komputer atau laptop, kemudian masuk ke dalam folder Flashdisk.
2. Untuk Windows 7 dan 8, klik Organize dan pilih Folder and search options. Untuk Windows 10, klik tab View dan pilih Options.
3. Setelah jendela Folder Options terbuka, pilih tab View dan klik Show hidden files, dan drives kemudian hilangkan centang Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system files (Recommended).
4. Jika muncul notifikasi, pilih Yes.
5. Selanjutnya, jalankan CMD sebagai Administrator.

6. Perhatikan drive flashdisk yang tersambung, tapi biasanya drive flashdisk akan terindex di F. Tapi pastikan terlebih dahulu dimana letak drive flashdisk tersambung.
7. Misalnya drive flashdisk terletak di disk F. Maka ketikkan F: di CMD dan tekan Enter.
8. Lalu ketikkan perintah del *.lnk s/ d/ atau del *.lnk. (Pilih salah satu).
9. Terakhir, ketikkan perintah attrib -s -h -r -a *.* /s /d. Jika terjadi error, hapus salah satu /s atau /d.
10. Kembali ke Folder Options, centang kembali Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system files (Recommended).

Demikianlah artikel mengenai Cara Menghilangkan Virus Shorcut Di Flashdisk. Apabila mengalami kendala atau bingung dengan langkah diatas, silahkan tanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close