Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Mati - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Mati

Share This
 
Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Mati - Laptop menjadi barang yang sangat diperlukan saat ini, apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang menerapkan sistem WFH (Work From Home). Laptop merupakan generasi modern dari komputer, peran dan fungsi dari laptop pun sama persis dengan komputer, hanya saja laptop berbentuk lebih kecil dan ringan untuk dibawa kemana saja.

Akan tetapi, walaupun secanggih apapun namanya barang elektronik pasti dan akan mengalami masa dimana mengalami error atau kerusakan pada sistem software ataupun hardwarenya. Kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya saja karena usia dari hardware itu sendiri sudah terlalu usang untuk digunakan dan tergerus oleh jaman yang menuntut spesifikasi tinggi.

Problem yang sering muncul pada laptop adalah laptop yang mengalami mati secara tiba-tiba pada saat digunakan. Padahal, laptop sedang sangat dibutuhkan tetapi malah mengalami mati secara tiba-tiba. Hal tersebut biasanya terjadi pada laptop-laptop yang sudah usang kemudian dipaksa untuk menjalankan program yang sangat berat hingga melebihi kapasitas spesifikasi yang diperlukan.



Selain itu juga, ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa laptop bisa mengalami mati secara tiba-tiba. Untuk mengatasi laptop yang sering mengalami mati secara tiba-tiba, bisa melakukan cara berikut.
Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mendeteksi Wifi
Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Mati
1. Beri kipas atau tempatkan laptop di udara yang dingin
Laptop yang seringkali mati secara tiba-tiba bisa karena faktor hardware yang tidak mendukung dan rentan panas sehingga menyebabkan overheat dan memaksa kinerja daripada hardware berhenti secara paksa seperti halnya menekan tombol power secara paksa. Beri kipas (cool pad) atau tempatkan diruangan ber AC yang dingin atau bisa juga ditempatkan di lantai yang dingin.

2. Periksa dan perbaiki hardware laptop
Selanjutnya, jika langkah pertama sudah dilakukan namun tetap mengalami laptop mati secara tiba-tiba. Segeralah periksa harware laptop dan perbaiki apabila terdapat kerusakan pada hardware. Hal umum yang sering terjadi, biasanya karena RAM laptopnya yang mengalami gangguan sehingga perlu dilakukan perbaikan atau pembersihan RAM. 

3. Cek virus dan bersihkan
Kemudian, cek virus di laptop menggunakan anti virus terbaik dan cek apakah ada virus atau tidak. Jika ada, kemungkinan besar masalah laptop yang sering mati secara tiba-tiba diakibatkan oleh si virus tersebut. Apabila menemukan virus yang terdapat dilaptop, segera bersihkan virus tersebut dari laptop dan lakukan scan secara rutin agar terhindar dari virus dilain waktu.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Mati. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi solusi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close