4+ Cara Mudah Mengatasi Laptop Not Responding - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

4+ Cara Mudah Mengatasi Laptop Not Responding

Share This
Cara Mudah Mengatasi Laptop Not Responding - Laptop menjadi barang yang sangat dibutuhkan di masa-masa modern seperti saat sekarang ini, hampir semua layanan atau pekerjaan membutuhkan barang yang satu ini. Namun, apakah Anda sedang atau pernah memiliki laptop yang not responding terus ketika dipakai? Jika ya, pasti akan terasa sangat menjengkelkan memiliki laptop yang memiliki masalah seperti itu.
Laptop yang mengalami not responding tidak akan bisa di gerakkan, karena laptop tidak akan merespon apapun perintah yang diberikan oleh penggunanya. Hal ini tentunya sangat menyebalkan, apalagi jika laptop tersebut sedang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan dengan tenggat waktu sebentar. Yang bisa dilakukan oleh Anda hanya menunggu laptop kembali normal dengan sendirinya dan menggunakannya kembali.
Kenapa Laptop Sering Not Responding?
Kondisi laptop yang sedang not responding memang tidak bisa digunakan sementara, hal itu terjadi biasanya pada laptop yang ber-spesifikasi rendah sementara software yang dijalankan pada laptop memiliki performa yang besar dan mengakibatkan over kapasitas sehingga laptop akan membutuhkan waktu untuk menormalkannya kembali. Cek terlebih dahulu spesifikasi laptop yang digunakan jika ingin menggunakan software atau aplikasi yang memiliki performa yang tinggi.

Sesuaikan spesifikasi laptop dengan software yang akan digunakan, namun apabila laptop yang Anda miliki sudah memiliki spesifikasi dengan mumpuni tapi masih mengalami not responding pada laptop, bisa menggunakan beberapa tips yang ada dibawah ini.
Baca Juga : 3+ Cara Mengatasi Laptop Yang Macet di Windows
Cara Memperbaiki Laptop Yang Not Responding
1. Uninstal / Hapus Aplikasi Yang Berat
Untuk mengatasi laptop yang seringkali not responding saat digunakan bisa dengan menguninstal aplikasi yang berat pada laptop. Aplikasi yang memiliki kapasitas besar dan juga performa yang besar bisa menjadi faktor utama mengapa laptop sering not responding, meskipun tidak dipakai atau dijalankan sekalipun aplikasi ini biasanya akan tetap mengambil performa ketika laptop digunakan. Sebaiknya uninstal saja aplikasi yang memberatkan laptop demi mengurangi over performa agar tidak terjadi lagi not responding.

2. Uninstal / Hapus Aplikasi Yang Berjalan Pada Background Service
Selanjutnya selain dengan menghapus aplikasi yang berat, Anda juga bisa melakukan uninstal pada aplikasi yang berjalan pada background service. Biasanya aplikasi yang berjalan pada background service akan tetap berjalan walau tidak digunakan, ada beberapa aplikasi yang memiliki space aplikasinya tidak terlalu besar namun service aplikasi tersebut berjalan terus dari laptop mulai dinyalakan. Hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja laptop sehingga apabila dibiarkan akan mengganggu kinerja laptop sehingga menyebabkan not responding.

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Perlu
Selain dengan menguninstal beberapa software yang terpasang pada laptop, tutup aplikasi yang dirasa tidak perlu ketika menggunakan laptop. Kadang ada orang, yang membuka banyak tab browser dan juga beberapa aplikasi lainnya yang memberatkan laptop yang mengakibatkan not responding pada laptop. Jalankan aplikasi seperlunya, dan tutup aplikasi yang memang dirasa tidak perlu untuk mengoptimalkan laju dari kinerja laptop.

4. Scan Laptop Dengan Antivirus
Selain karena faktor aplikasi yang terpasang pada laptop, virus juga menjadi faktor utama yang menyebabkan laptop menjadi not responding. Ada beberapa laptop yang terinfeksi virus dan menjadi lambat setelahnya, virus yang ada di laptop akan memakan performa dari laptop itu sendiri. Padahal tidak membuka banyak aplikasi tetapi terasa lambat dan menyebabkan not responding pada laptop, virus memang tidak terlihat akan tetapi terasa efeknya. Apabila terindikasi adanya virus, segera bersihkan dengan antivirus.

Demikianlah artikel mengenai 4+ Cara Mudah Mengatasi Laptop Not Responding. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasanmu mengenai laptop dan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close