5+ Cara Ampuh Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

5+ Cara Ampuh Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Share This
5+ Cara Ampuh Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak - Keyboard adalah komponen utama yang sangat penting pada laptop selain mouse sebagai komponennya. Tanpa adanya keyboard, kita sebagai pengguna tidak bisa memberikan perintah pada laptop. Bisa dibilang tanpa adanya keyboard yang berfungsi, kita tidak bisa melakukan apapun walaupun laptop tersebut hidup dan berjalan normal.
Kerapihan dalam menjaga kondisi tetap terjaga dengan baik merupakan salah satu tantangan tersendiri, karena seperti yang kita tahu. Keyboard merupakan komponen yang rawan rusak, baik dari segi kesalahan manusia atau umur dari keyboard itu sendiri. Akan tetapi rusaknya keyboard lebih banyak dari segi kesalahan manusianya dibanding dengan umur keyboard.
Ada berbagai macam faktor dan penyebab mengapa keyboard laptop menjadi rusak, bisa karena pemakaian yang terlalu kasar, tersiram air, tertekan saat di tas atau faktor lainnya. Dari beberapa penyebab tersebut, sering terjadi kerusakan seperti keyboard yang hanya fungsi beberapa huruf atau angka saja, tidak fungsi sama sekali semua tombol pada keyboard, atau salah satu huruf pada tombol keyboard tertekan sehingga akan memunculkan huruf tersebut pada layar.

Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi keyboard laptop yang rusak.
Baca Juga : 4+ Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak
1. Restart Laptop
Cara yang paling umum untuk mengatasi keyboard laptop yang rusak dan tidak berfungsi adalah dengan me-restart laptop. Restart laptop dirasa ampuh untuk mengatasi masalah tersebut karena sistem akan memperbaiki sistem secara otomatis, faktor sistem yang bermasalah juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa keyboard laptop menjadi tidak bisa berfungsi secara normal.

2. Periksa Driver Keyboard
Pada beberapa permasalahan yang sama, driver menjadi faktor kenapa keyboard laptop menjadi tidak bisa berfungsi secara normal. Driver yang bermasalah akan menyebabkan keyboard menjadi tidak bisa digunakan, tanda atau ciri driver keyboard yang mengalami masalah adalah dengan terlihatnya tanda seru kuning pada icon driver Keyboard. Lakukan repair (perbaikan) atau instal kembali driver yang sesuai dengan type laptop Anda.

Untuk mengecek driver keyboard pada laptop, silahkan buka Device Manager dan cek.

3. Bersihkan Keyboard Dari Debu
Kotoran atau debu juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi, debu akan menghalangi laju keyboard saat ditekan sehingga tombol tidak sampai pada fungsinya dan huruf atau angka yang ditekan tidak akan keluar pada layar. Biasanya laptop yang sudah lama tidak dipakai dan dibiarkan lama akan menjadi sarang kotoran atau debu, sehingga untuk menggunakannya kembali harus dibersihkan terlebih dahulu agar tidak terjadi problem.

4. Menggunakan Keyboard USB Eksternal
Keyboard USB menjadi salah satu alternatif yang dirasa tepat apabila keyboard bawaan laptop sedang mengalami kerusakan. Keyboard USB adalah keyboard tambahan yang dapat digunakan oleh laptop, untuk menggunakan keyboard cukup mudah. Hanya perlu menyambungkan (mencolokkan) kabel USB ke port laptop. Cara ini dianggap praktis oleh beberapa orang, namun ada pula yang menganggap terlalu ribet karena harus mengeluarkan budget yang lumayan.

5. Menggunakan On Screen Keyboard
Selain menggunakan Keyboard USB Eksternal, Anda bisa juga memanfaatkan dan menggunakan On Screen Keyboard yang sudah terinstal pada laptop. Khusus pengguna Windows, Anda bisa langsung menggunakan On Screen Keyboard dengan cara :
  • Start > Program > Accessories > Accessibility > On Screen Keyboard.

Demikianlah artikel mengenai 5+ Cara Ampuh Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak. Semoga dapat menambah wawasan Anda, serta mengatasi beberapa problem yang sedang dihadapi. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close