Pengertian Flowchart & Mengenal Apa Itu Flowchart - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Pengertian Flowchart & Mengenal Apa Itu Flowchart

Share This


Pengertian Flowchart & Mengenal Apa Itu Flowchart - Sebagian orang dari yang membaca artikel ini pasti sudah mengetahui sedikit banyaknya mengenai flowchart. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari sebuah flowchart, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai flowchart silahkan simak ya.

Flowchart atau yang sering disebut sebagai bagan alir merupakan rangkaian bagan yang terdapat prosedur atau aturan (rule) didalam sebuah program sistem secara logika. Flowchart dibuat untuk membantu dalam berkomunikasi pembuatan sebuah sistem sebelum di eksekusi. Anda dapat menentukan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan dalam sebuah flowchart.

 

Dalam pembuatan flowchart, terdapat beberapa simbol-simbol yang digunakan dan wajib untuk diketahui fungsi dari setiap simbolnya. Di awali dengan simbol start dan diakhiri dengan simbol end/finish. Berbeda dengan simbol, flowchart memiliki banyak jenis-jenisnya, diantaranya :

  1. Flowchart sistem.
  2. Flowchart dokumen.
  3. Flowchart skematik.
  4. Flowchart program.
  5. Flowchart proses.

Sampai sini apa sudah paham dengan materi diatas? Saya harap sudah ya, hehe.

Baca Juga : Pengertian Algoritma DDA (Digital Differential Analyzer)

Jenis-jenis flowchart yang telah disebutkan memiliki banyak perbedaan satu dengan yang lainnya, kegunaan dan juga definisi dari masing-masing jenis flowchart berbeda. 

 

Apa Itu Flowchart Sistem?

Flowchart sistem adalah bagan alir yang menunjukkan isi dari pekerjaan secara keseluruhan dalam sebuah sistem. Artinya, flowchart sistem ini menjelaskan bagaimana urutan-urutan prosedur yang ada didalam sistem. 


Apa Itu Flowchart Dokumen?

Flowchart dokumen adalah bagan alir yang menunjukkan isi dari sebuah laporan keseluruhan secara mendetail. Flowchart ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan sebuah laporan atau proposal. 


Apa Itu Flowchart Skematik?

Flowchart skematik hampir mirip dengan flowchart sistem yang telah dijelaskan diatas, akan tetapi flowchart skematik merupakan bagan alir yang menunjukkan lebih dalam dari isi pekerjaan secara keseluruhan dalam sebuah sistem. Perbedaannya, Flowchart skematik menggambarkan alur sistem dengan gambar agar terlihat menarik sehingga komunikasi akan lebih maksimal lagi.


Apa Itu Flowchart Program?

Flowchart program ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan sistem yang akan dibangun. Penulis sendiri sering menggunakan flowchart program saat atau ketika hendak melakukan pembuatan sistem. Flowchart program akan menujukkan secara detail langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan, flowchart ini juga merupakan adaptasi dari flowchart sistem.

 

Apa Itu Flowchart Proses?

Dari namanya pun sudah dapat ditebak jika flowchart ini digunakan untuk menggambarkan suatu proses dalam sebuah prosedur. Flowchart proses akan memberikan gambaran proses apa saja dalam suatu prosedur, flowchart ini banyak digunakan di Industri.


Demikianlah artikel dari Pengertian Flowchart & Mengenal Apa Itu Flowchart. Semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan ilmu dari orang yang membacanya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close