Begini Cara Mengatasi Error: Mysql Shutdown Unexpectedly - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Begini Cara Mengatasi Error: Mysql Shutdown Unexpectedly

Share This

Begini Cara Mengatasi Error: Mysql Shutdown Unexpectedly - MySQL adalah perangkat lunak database management system (DBMS) yang saat ini banyak digunakan oleh para developer. DBMS ini banyak digunakan karena bersifat open-source sehingga memungkinkan para developer untuk memodifikasi sesuai dengan kebutuhannya. Sangat mudah juga dalam proses developmentnya, menjadikan DBMS ini layak untuk dicoba.

Namun, pernahkah mengalami masalah pada saat menjalankan XAMPP? Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit mengenai XAMPP ini, XAMPP adalah perangkat lunak yang dapat membuat server lokal di laptop/komputer kita dan dapat berdiri sendiri, MySQL Database ini adalah paket bawaan dari XAMPP. Jadi, pada saat akan menggunakan MySQL kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu di XAMPP.


Pada beberapa kasus, banyak ditemukan kesalahan error pada saat MySQL akan di aktifkan. Kadang dibuat bingung oleh errornya, padahal sebelum mengalami error masih dapat berjalan dengan normal tanpa adanya gangguan. Kesalahan yang ditemukan cukup beragam, salah satunya adalah adanya Error: Mysql Shutdown Unexpectedly. Untuk lebih jelasnya seperti pada gambar berikut :



Error tersebut akan muncul ketika kita ingin mengaktifkan service dari MySQL pada XAMPP, deretan tulisan berwarna merah tersebut merupakan message error yang dihasilkan. Hal itu muncul bukannya tanpa sebab, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan munculnya error seperti ini salah satunya karena menambahkan suatu library extension ke dalam MySQL. 

Jika terjadi seperti pada gambar diatas, database MySQL tidak akan bisa diakses seperti biasanya. Sehingga dalam suatu web dinamis, akan terjadi error dimana data yang ada dalam database tidak muncul dalam website. Tentunya hal ini akan mengganggu bagi para developer yang sedang membangun suatu app. 


Baca Juga :


Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebetulnya sangat mudah untuk mengatasi error tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  1. Pastikan service dari XAMPP dalam keadaan mati/nonaktif.
  2. Masuk ke folder c:\xampp\mysql\data.
  3. Akan muncul data dari database yang pernah dibuat di phpMyAdmin, backup terlebih dahulu semua folder yang ada. 
  4. Hapus/pindahkan folder database yang tidak pernah digunakan.
  5. Terakhir, aktifkan kembali service MySQL pada XAMPP.


Jika service MySQL masih menunjukkan error yang sama, gunakan cara berikut :

  1. Pastikan service dari XAMPP dalam keadaan mati/nonaktif.
  2. Masuk ke folder c:\xampp\mysql\data.
  3. Hapus file ib_logfile0, ib_logfile1, ibdata1.
  4. Terakhir, aktifkan kembali service MySQL pada XAMPP.

Bagaimana? Apakah MySQLnya sudah kembali normal seperti biasanya? Sangat mudah bukan? Demikianlah artikel mengenai Begini Cara Mengatasi Error: Mysql Shutdown Unexpectedly. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman dan semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke teman sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close