[Tutorial Java] Membuat Program Mengurutkan Angka Dari Terbesar ke Terkecil Dengan Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Java] Membuat Program Mengurutkan Angka Dari Terbesar ke Terkecil Dengan Java

Share This

[Tutorial Java] Membuat Program Mengurutkan Angka Dari Terbesar ke Terkecil Dengan Java - Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari dan membuat program mengurutkan angka dari terbesar ke terkecil menggunakan Java. Pada artikel sebelumnya, kita telah mempelajari cara membuat program deret bilangan genap 1-20 dengan Java. Hampir sama mengurutkan angka, hanya saja disini bukan bilangan genap atau ganjil melainkan angka bebas.

Biasanya, tutorial seperti ini banyak sekali dicari oleh para siswa atau mahasiswa yang ditugaskan oleh dosennya untuk membuat program pengurutan angka terbesar ke terkecil. Sebetulnya, dalam pembuatan program pada tutorial kali ini cukup mudah. Namun, tetap saja jika untuk seorang pemula pastinya akan sangat susah untuk membuatnya. 


Output yang dihasilkan dari program kali ini akan muncul deretan angka dimulai dari yang terbesar hingga ke terkecil. Nantinya, Anda akan menginput berapa angka yang akan/ingin diurutkan kemudian menginput kembali angka-angka yang nantinya akan berurutan. Logika sederhananya, ingin menginput berapa angka dan angka-angkanya akan berurutan. Kurang lebih mungkin seperti itu.


Kode program untuk membuat program ini cukup banyak, sekitar 20 line (garis). Menggunakan array untuk menampung banyaknya angka, dan menggunakan perulangan for untuk mengurutkan angka agar dapat mengurutkan dari terbesar ke terkecil.


Sebelum melanjutkan ke pembuatan program, Anda perlu menyiapkan beberapa software IDE yang fungsinya akan digunakan untuk menjalankan source code yang telah ditulis. Anda boleh bebas menggunakan software IDE apapun sesuai dengan keinginan, jika belum memiliki software IDE silahkan instal terlebih dahulu di laptop/komputer-nya masing-masing.


Baca Juga :


Jika masih bingung juga akan menggunakan software IDE yang mana, bisa menginstal Codeblocks atau Netbeans sebagai software IDE-nya untuk menjalankan program. Atau bisa juga menggunakan compiler online yang tersedia di internet. Silahkan pakai dan gunakan software IDE atau compiler online sesuai keinginan, yang penting program jalan.

 

Membuat Program Mengurutkan Angka Dari Terbesar ke Terkecil Dengan Java

Selanjutnya, kita akan bahas pembuatan program. Agar lebih memahami kode yang ada dibawah ini, lebih baik untuk mengetik source code jangan mengcopy paste. Ketik source code pada software IDE atau compiler online, kemudian jalankan program dan lihat hasilnya.


Source Code :


Hasil Runningnya :


Sangat mudah bukan membuat programnya? Jika mengalami kendala saat menjalankan program diatas, silahkan tanyakan di kolom komentar. Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Java] Membuat Program Mengurutkan Angka Dari Terbesar ke Terkecil Dengan Java. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke temanmu ya.


No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close