[Tutorial Java] Belajar Operator Aritmatika Dalam Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Java] Belajar Operator Aritmatika Dalam Java

Share This

[Tutorial Java] Belajar Operator Aritmatika Dalam Java - Operator Aritmatika mungkin sudah terdengar tak asing bagi kalian yang pernah belajar aritmatika di masa sekolah dasar (SD).
Operator Aritmatika dalam bahasa pemrograman Java adalah sekumpulan perintah untuk melakukan perhitungan tertentu. Perintah yang diberikan berupa simbol yang telah dipahami oleh komputer.

Inputan yang dapat diproses oleh operator aritmatika ini hanya berupa angka saja, tidak bisa memproses inputan diluar itu. Karena sejatinya operator aritmatika ini memang diperuntukkan untuk menghitung angka.

Operator aritmatika terdiri dari beberapa simbol, antara lain :
  1. Pertambahan disimbolkan dengan tanda '+'
  2. Pengurangan disimbolkan dengan tanda '-'
  3. Pembagian disimbolkan dengan tanda '/'
  4. Perkalian disimbolkan dengan tanda '*'
  5. Sisa bagi disimbolkan dengan tanda '%'

Ada 5 anggota simbol yang terdapat pada bahasa pemrograman Java dengan masing-masing simbol dan fungsinya yang berbeda-beda.


Selanjutnya, dalam pengkodeannya ini operator aritmatika ini dituliskan seperti apa? Apakah hanya dengan menulis simbol-simbol saja atau perlu dikombinasikan dengan kode lainnya? Kita akan mempelajarinya satu per satu.

Anda dapat mempelajari contoh pengkodean dari operator aritmatika dibawah ini, Anda hanya perlu memahami maksud dari kode yang ditulis. Simbol dari operator aritmatika pun sangat mudah untuk diingat dan dihafal.
Baca Juga : Mengenal Struktur Pemrograman Java
Sebelumnya, instal terlebih dahulu software IDE yang dapat meng-compile bahasa pemrograman Java atau Anda bisa menggunakan Compiler Online yang tersedia di Google. Apabila sudah ada software pendukung, silahkan buat file baru dengan nama Main.java.

Isi dengan source code dibawah ini :


Dengan hasil running seperti berikut :

Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Java] Belajar Operator Aritmatika Dalam Java. Semoga dapat bermanfaat serta menambah ilmu dan wawasan Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini, selanjutnya pelajari tentang jenis-jenis konstruktor pada java

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close