Cara Mengatasi File PowerPoint yang Tidak Bisa di Edit - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi File PowerPoint yang Tidak Bisa di Edit

Share This

Cara Mengatasi PowerPoint yang Tidak Bisa di Edit - Microsoft Office memiliki banyak turunan aplikasi yang saat ini banyak digunakan, berbagai fitur dan fungsi yang dihadirkan pada setiap aplikasinya sangatlah berguna untuk berbagai bidang, seperti pada bidang pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain. Masing-masing aplikasi memiliki kegunaan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Salah satu aplikasi turunan dari Microsoft Office adalah Microsoft PowerPoint



Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi pengolah multimedia foto atau video. Fitur-fitur yang tersedia pada software ini cukup mudah untuk digunakan dalam pembuatan materi persentasi. Jika Anda seorang siswa/mahasiswa atau guru pengajar pastinya sudah tidak asing lagi dengan software ini. 


Banyaknya pengguna yang memakai aplikasi PowerPoint membuat perusahaan software tersebut melakukan perbaikan pada setiap versinya agar lebih memudahkan dan kesan nyaman penggunanya. Setiap versi yang dibuat pastinya memiliki perbedaan dan tentunya akan terasa lebih baik dari versi sebelumnya.


Namun, ada beberapa problem yang seringkali terjadi pada PowerPoint. Kendala yang ada cukup beragam, salah satunya adalah file PowerPoint yang tidak bisa di edit. 


Cara Mengatasi PPT Tidak Bisa di Edit

Problem tersebut pastinya bukan terjadi begitu saja tanpa sebab, ada faktor yang menyebabkan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Jika masalah ini secara tiba-tiba terjadi, pastinya akan sangat membingungkan bagi Anda apalagi sebagai orang awam.


Meskipun problem ini cukup membingungkan, tapi tenang saja, hal ini masih bisa diatasi dengan mudah jika ditangani dengan cara yang tepat. Simak dan baca penjelasan selanjutnya, sambil melakukan langkah-langkah yang di rekomendasikan untuk mengatasi problem tersebut.


Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini sambil juga di praktekkan langsung ya.

Cara pertama :

1. Buka terlebih dahulu file ppt-nya.

2. Biasanya file yang tidak bisa di edit, akan muncul tulisan Edit Anyway, klik tombol button tersebut.

3. File yang sebelumnya tidak bisa di edit, sekarang sudah bisa di edit kembali.


Baca Juga :


Cara kedua :

Jika file ppt yang akan di edit dikunci dengan password, cara pertama tidak akan bisa dilakukan. Silahkan gunakan cara kedua jika kondisi file ppt terkunci dengan ppt, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Ubah nama file yang semula memiliki format .pptx/ppt menjadi .zip, sebagai contoh tugas.pptx diubah menjadi tugas.zip.

2. Ekstrak file yang sudah diubah menjadi zip.

3. Setelah di ekstrak, di dalam folder ppt akan muncul file dengan nama presentation.xml.

4. Klik kanan pada file presentation.xml, klik Open.

5. Akan terbuka tampilan isi dari file presentation.xml di notepad. 

6. Selanjutnya, pilih file > find atau tekan tombol CTRL + F untuk cara lebih cepat. Lalu, ketik perintah modify dan tekan enter. 

7. Hapus perintah berikut <p:modifyVerifier ... /> (hapus diawali <p sampai penutup />)

8. Pastikan tag <p sampai dengan penutupnya /> sudah terhapus dengan baik.

9. File presentation.xml sudah berhasil di ubah. Kemudian, jadikan kembali file yang sebelumnya di ekstrak menjadi zip dalam satu folder yang sama dengan sebelumnya.

10. Setelah berhasil mengubah menjadi zip, ubah nama file menjadi format .pptx

11. Selesai. Harusnya file yang sebelumnya terkunci bisa di akses dengan normal kembali.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi PowerPoint yang Tidak Bisa di Edit. File PowerPoint yang tidak bisa di edit sebelumnya, seharusnya sudah bisa di edit kembali dengan normal. Cek kembali dengan menutup terlebih dahulu file ppt lalu membukanya kembali.


Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini membacanya dan memberikan wawasan baru serta solusi dari permasalahan yang sedang Anda alami. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan kepada rekan sekitarmu ya. 

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close