Penjelasan Singkat Bahasa Pemrograman PHP - ANAKBLOGGER.COM

Tempatnya Informasi Teknologi & Terkini

Post Top Ad

KHUSUS IKLAN

Penjelasan Singkat Bahasa Pemrograman PHP

Share This
Assalamualaikum Wr.Wb

Haloo para pembaca, sebelumnya saya ingin menyapa kalian terlebih dahulu hehe... apa kabar kalian? semoga sehat selalu yaa... Baik kita langsung saja ke pembahasan awal kita, kali ini saya akan menulis artikel tentang Apa itu PHP?. PHP yang dimaksud bukan Pemberi Harapan Palsu yaa, hehee... Tapi PHP disini adalah Bahasa pemrograman atau Personal Home Page, yaps langsung saja kita ke materi awal.


PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berisikan banyaknya skrip yang dipakai atau digunakan untuk membuat sebuah aplikasi web dan saat ini populer dikalangan para programmer. Bagaimana tidak? saat ini penyaji web-web papan atas banyak yang menggunakan bahasa pemrograman ini, tidak usah saya sebutkan juga kalian pasti sudah tau siapa web itu, hehee.... 



PHP ini awalnya mempunyai nama FI atau Form Interpreted dan diciptakan oleh seorang jenius yang bernama Rasmus Lerdorf. Lalu penemu php ini berfikir untuk mengembangkannya lagi dengan cara mengshare kode php ini untuk umum, dan para programmer langsung menyambutnya dengan baik dan banyak programmer yang ingin mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.

Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, php semakin menjalar dikalangan programmer. disuatu tahun, ada perusahaan yang ingin melirik php ini, dibuatlah oleh si perusahaan ini, aplikasi php menjadi lebih baik lagi dan lebih praktis penggunaannya. Selain itu, aplikasi php saat ini juga ditanami fungsi lain, yaitu untuk membuat program berorientasi objek. 

PHP memiliki sintak awalan untuk membuka sebuah web "<?php" dan diakhiri atau ditutup dengan sintak "?>". Hampir sama seperti HTML, PHP juga mempunyai kode seperti itu untuk menyatukan sintak-sintak yang lainnya..

(Baca Juga : Penjelasan Singkat Bahasa Pemrograman Java)


PHP memiliki beberapa tipe data. Tipe data itu ada 8, yaitu :  Boolean, Integer, Float/Double, String, Array, Object, Resource, dan NULL. Selain tipe data PHP juga memiliki sebuah sintaksi dasar, yaitu Komentar, Pembatas, Variabel, dan Fungsi.

Dan sudah pasti kenapa alasan programmer banyak yang menggunakan php ini adalah karna keunggulannya, apa aja sih keunggulan dari php ini, sampai-sampai banyak yang pakai program aplikasi web ini? Keunggulan dari PHP, yaitu:
- Stabil dan memiliki kecepatan tinggi
- Dapat support di berbagai operating system, seperti windows, linux, unix, dll.
- Mudah dan praktis dalam penggunaannya

Sekian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel ini. Wassalam...

Pages