4 Hal Penting Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman - ANAKBLOGGER.COM

4 Hal Penting Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman

Share This
Menjadi programmer sekana menjadi cita-cita baru pada jaman sekarang. Banyak yang ingin menjadi seorang programmer karena mempunyai peluang pekerjaan yang besar, apalagi saat ini memang hampir semua perusahaan-perusahaan yang cukup besar membutuhkan seorang programmer.
Sebelum terjun ke dunia programmer, ada baiknya memperhatikan segala aspek yang akan dihadapi. Termasuk saat belajar pemrograman sebelum menjadi programmer yang handal. Apa saja hal penting yang harus diketahui sebelum belajar pemrograman?
Baca Juga : Membuat Program Bilangan Positif & Negatif Dengan C
Berikut ini 4 hal penting sebelum belajar bahasa pemrograman :
1. Waktu
Hal penting yang pertama sebelum belajar adalah waktu. Untuk menguasai bahasa pemrograman memang dibutuhkan waktu yang cukup, karena tidak akan bisa mempelajari hanya dalam beberapa hari. Biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama dan latihan membuat sebuah program sederhana setiap harinya. Maka dari itu, gunakan waktu semaksimal mungkin agar cepat dalam menguasai bahasa pemrograman.

2. Niat Belajar
Hal kedua adalah Niat Belajar. Untuk menjadi seorang programmer handal dibutuhkan niat belajar, ketekunan dan keuletan, beberapa orang yang hanya belajar bahasa pemrograman karena tidak siap alias tidak niat yang mengakibatkan lamanya untuk menguasai bahasa pemrograman.

3. Konsisten
Konsisten merupakan hal yang paling vital selain waktu dan niat belajar. Maksud dari konsisten disini adalah konsisten dalam belajar dan mempertahankan niat untuk selalu terus belajar bahasa pemrograman. Kebanyakan orang susah untuk menguasai bahasa pemrograman karena niat belajar yang menurun dan juga tidak konsisten untuk belajar. Akibatnya, untuk menguasai pemrograman akan lama dan memakan waktu yang cukup banyak.
Baca Juga : Mengenal Struktur If-Then Dalam VB.Net
Hampir rata-rata semua pemula dalam belajar pemrograman cenderung semangat pada awal pembelajaran saja, setelah itu biasanya akan sedikit menurun niat belajar yang pada awal sudah semangat. Maka dari itu, konsisten juga sangatlah penting untuk diperhatikan dalam mempelajari bahasa pemrograman.

4. Mental
Setelah 3 hal diatas terlalui, kemudian yang hal yang keempat adalah Mental. Seorang programmer sudah sangat sering mengerjakan suatu projek dengan batas waktu yang sangat terbatas, ujian mental seperti ini sudah pasti dialami oleh semua programmer. Selain itu, banyak ujian mental yang akan dialami oleh programmer. Misal, mendapatkan komplain dari customer karena tidak sesuai dengan yang diinginkannya, mendapat teguran dari atasan karena telat mengerjakan projek dalam batas waktu yang telah ditentukan, dan lain sebagainya.

Pages