3 Hal Sepele Ini Penyebab Laptop Cepat Panas - ANAKBLOGGER.COM

3 Hal Sepele Ini Penyebab Laptop Cepat Panas

Share This
Laptop merupakan alat atau barang yang pada saat ini sangat dibutuhkan fungsinya oleh masyarakat, baik itu untuk kepentingan pendidikan, pekerjaan, atau juga yang lainnya. Berbeda dengan Komputer (PC), CPU lebih memiliki ruang sirkulasi udara yang lebih luas ketimbang dari sirkulasi udara laptop. 

Apakah kalian pernah, pada saat sedang asyik menggunakan laptop merasakan hawa panas yang keluar dari body laptop ataupun sirkulasi udara yang keluar dari laptop? Apalagi jika menggunakan laptop tersebut pada siang hari diarea terbuka, maka akan terasa sekali hawa panas yang keluar dari laptop.

Lalu apa yang membuat laptop menjadi sangat cepat panas? Berikut ini merupakan 3 hal penyebab laptop cepat panas :
1.  Banyaknya aplikasi yang berjalan
Penggunaan aplikasi pada laptop sangat mempengaruhi kinerja dari laptop, semakin banyak aplikasi yang digunakan maka semakin berat pula kinerja dari laptop. Efeknya, akan membuat laptop cepat panas.
Baca Juga : Cara Cepat Membuat Akun Adsense
Biasanya aplikasi yang memakan banyak penggunaan kinerja dari laptop adalah pada saat bermain game, atau juga terlalu banyak membuka tab menu pada web browser. Apabila saat bermain game, tutup terlebih dahulu aplikasi lainnya yang sedang berjalan, dan apabila terlalu banyak membuka tab pada web browser, sebaiknya tutup tab menu yang tidak terlalu penting.

2. Lamanya penggunaan laptop
Kadang, kita terlalu asik menggunakan laptop sehingga lupa bahwa laptop sudah seharian atau bahkan lebih digunakan. Laptop sama seperti halnya manusia yang membutuhkan istirahat, terlalu lama menggunakan laptop akan sangat mempengaruhi pada performanya karena mesinnya akan terus berjalan tanpa henti, sebaiknya matikan laptop untuk beberapa saat agar kondisinya kembali normal.

3. Peletakan laptop yang tidak baik
Penyebab ini berlaku untuk laptop yang memiliki sirkulasi udara pada area samping laptop. Ternyata, peletakan laptop yang tidak baik bisa juga menyebabkan laptop cepat panas karena sirkulasi udara akan terhalang oleh alas yang diletakkan oleh laptop. Misalkan, laptop diletakan pada lantai atau alas yang menyebabkan sirkulasi udara pada laptop terganggu.
Baca Juga : Mengenal IP Address
Letakan laptop pada alas yang lebih tinggi dan memiliki ruang untuk sirkulasi udara, misalkan menggunakan buku yang ditumpuk atau juga menggunakan kipas laptop (coolpad) yang membantu sirkulasi udara lebih baik dan tentunya mengurangi panas pada laptop karena adanya kipas. 

Sebagai informasi, jangan letakan laptop pada karpet, kasur, atau sesuatu yang berdebu. Karena akan menyebabkan debu-debu tersebut masuk melalui sirkulasi udara pada laptop kemudian akan menurunkan kualitas fungsi dari kipas laptop tersebut.

 

Pages