Cara Mengatasi Error Printer Epson L360 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Mengatasi Error Printer Epson L360 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Share This

Cara Mengatasi Error Printer Epson L360 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip - Printer adalah perangkat output yang berfungsi untuk mencetak berbagai dokumen dengan kertas. Kehadiran printer bisa dibilang sangat penting karena berguna di berbagai bidang, terutama dalam bidang pekerjaan dan pendidikan yang seringkali digunakan untuk mencetak berbagai macam dokumen, seperti berkas perusahaan dan soal-soal ujian sekolah.

Tentunya fungsi dari printer sangatlah penting bagi manusia untuk menunjang kebutuhan, tetapi dibalik dibutuhkannya oleh manusia, printer memiliki segudang masalah yang seringkali timbul. Masalah ini kadang muncul pada saat printer digunakan atau akan digunakan, misalnya printer yang tidak mau mencetak dokumen, kertas yang tersangkut didalam printer, kertas macet pada saat proses print, dan masalah lainnya yang timbul.


Mau tidak mau, kita sebagai pengguna printer perlu memiliki skill untuk memperbaiki printer tersebut bilamana terjadi masalah-masalah seperti itu. Masalah-masalah yang timbul akan terjadi pada merek/brand printer apapun tanpa terkecuali, dan hampir semua memiliki permasalahan yang sama, tapi mungkin solusi yang digunakan bisa sedikit berbeda tiap-tiap merek atau model printer.


Baca Juga : 


Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai masalah error pada printer Epson L360. Ada beberapa kondisi yang memberikan informasi kepada kita sebagai pengguna jika printer terjadi masalah, misalnya lampu tinta atau kertas yang berkedip-kedip. 


Lampu tinta dan kertas yang berkedip biasanya menandakan printer tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen, dan ini terjadi karena adanya masalah pada printer. Untuk dapat menggunakan kembali printer, kita perlu memperbaikinya terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi error pada printer L360.


Cara Mengatasi Printer Epson L360 Lampu Berkedip Bergantian

1. Cek Kertas Pada Printer

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengecek kertas pada printer, apakah terisi atau tidak. Jika tidak terisi, silahkan untuk mengisinya terlebih dahulu. Mungkin lampu kertas berkedip diakibatkan oleh kertas yang tidak tersedia pada printer, biasanya ini terjadi pada saat sedang mencetak dokumen tetapi kertas pada printer habis sehingga kosong dan menyebabkan lampu kertas di printer berkedip.


2. Cek Tinta

Tinta pada printer juga harus di cek, jika perlu lakukan pengecekan secara berkala. Lampu tinta nyala berkedip-kedip bisa terjadi karena tinta habis atau posisi tinta catridge tidak dalam kondisi yang benar. Karena itu, cek apakah stok tinta masih mencukupi atau tidak dan cek posisi dari catridge tinta sudah benar atau tidak.


Dengan melakukan pengecekan seperti diatas, biasanya lampu tinta akan berhenti berkedip dan akan berjalan dengan normal kembali.


3. Restart Printer

Selanjutnya, Anda bisa melakukan restart pada printer untuk mengatasi lampu tinta dan kertas yang berkedip-kedip. Cara ini bisa mengatasi error yang disebabkan kesalahan pada sistem, dengan merestart printer, sistem pada printer akan kembali dari awal sehingga sistem printer kembali normal.

 

4. Reset Printer

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mereset printer, printer memiliki batasan mencetak kertas sekitar 2000x print, setelahnya Anda perlu mereset printer agar kembali ke settingan awal. Bagaimana caranya? Nah, untuk mereset printer ini membutuhkan software Epson Adjustment Program. Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mencarinya di internet.


Jika sudah memiliki software Epson Adjustment Program, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset printer.

  1. Jalankan software Epson Adjustment Program, jalankan sebagai Administrator.
  2. Pilih model printer dengan nama L360, dan langsung klik OK.
  3. Selanjutnya, klik Particular Adjustment Mode.
  4. Pilih Waste Ink Pad Counter.
  5. Centang Main Pad Counter, lalu klik Initialize
  6. Tunggu hingga proses initialize selesai.
  7. Centang kembali Main Pad Counter, dan klik Check.
  8. Jika sudah selesai, klik finish dan restart printer.

 

Bagaimana? Sangat mudah bukan mengatasi printer Epson L360 yang mengalami error lampu tinta dan kertas berkedip. Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Error Printer Epson L360 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close