Cara Instalasi & Pemasangan Kabel Fiber Optik - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Cara Instalasi & Pemasangan Kabel Fiber Optik

Share This
Cara Instalasi & Pemasangan Kabel Fiber Optik - Perkembangan dunia digital di Indonesia semakin berkembang dengan sangat cepat, dunia digital seakan-akan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini, terbukti dengan banyaknya akun atau pengguna yang terdaftar di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dll. 
Perkembangan dunia digital tidak lepas karena peran internet yang semakin merata di sejumlah wilayah di Indonesia. Jangkauan yang bisa diakses dengan internet semakin luas, bahkan di beberapa daerah terpencil dan sulit sekalipun sudah bisa mengakses internet.


Pemerataan internet inilah yang mendorong banyaknya masyarakat di Indonesia yang beralih ke dunia digital, entah itu untuk bekerja, berbelanja, hiburan, ngobrol, dan kegiatan lainnya. Selain itu dengan adanya internet, setiap informasi akan beredar dengan sangat cepat dalam hitungan detik saja.

Perkembangan internet ini tak lepas dari adanya peran penting perusahaan internet dan operator jaringan seluler yang ingin terus memberikan kenyamanan pada penggunanya untuk bisa terus memanfaatkan layanan internet dengan baik dan nyaman.

Apa Itu Fiber Optik?

Salah satu peran penting dalam perkembangan internet adalah karena adanya Fiber Optik. Kata Fiber Optik ini mungkin akan terasa asing bagi orang awam, namun mungkin akan terasa tidak asing bagi para pelanggan internet wifi berbayar seperti Indihome. 

Fiber Optik adalah kabel yang sangat halus terbuat dari bahan serat kaca (lebih halus dari sehelai rambut) dan digunakan untuk transmisi sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan adalah sinar laser atau LED.

Baca Juga :

Mungkin bagi orang yang bergelut dibidang jaringan sudah tak asing lagi dengan yang namanya kabel optik, dan sudah banyak juga yang menerapkan fiber optik seperti Indihome, Biznet, dll. Makanya, ketika kita akan memasang wifi dirumah, biasanya petugas akan memasang kabel fiber optik di tiang telepon kemudian disambung ke rumah kita.

Nah, itu merupakan salah satu contoh bagaimana instalasi kabel fiber optik dilakukan. Sebenarnya masih banyak metode dan cara yang dilakukan untuk instalasi kabel fiber optik. Apa saja ya kira-kira? Silahkan disimak penjelasan dibawah ini ya.

Instalasi Kabel Fiber Optik

Pada tahap instalasi kabel fiber optik, ada dua cara atau metode yang bisa dilakukan yaitu dengan instalasi kabel udara dan instalasi kabel tanah. Masing-masing metode ini diterapkan dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan lokasi, tidak bisa sembarang dalam memilih.

Masing-masing metode ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu mengenai keduanya

1. Instalasi Kabel Udara

Kabel udara yang akan ditempatkan di tiang telepon harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Tiang Besi, panjang 7 - 12 meter (ini diperuntukkan di kota).
  • Tiang Beton, panjang 12 meter (ini diperuntukkan di luar kota).
Pemasangan tiang dapat dilakukan dengan cara :
  • Ditanam 1/5 didalam tanah
  • Jika tiang besi harus diberi pondasi dari semen (minimal setinggi 30cm).
  • Jarak antar tiang 40-50 meter.
  • Penempatan tiang harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat.
Sambungan kabel udara ditempatkan didekat telepon karena lebih memudahkan saat pemasangan dan maintenance. Pemasangan tiang kabel udara ada 2 metode yaitu Gantung dan Tambat.

2. Instalasi Kabel Tanah
Kabel tanah adalah kabel yang dipasang dan ditanam dibawah permukaan tanah, pemasangan kabel tanah harus sesuai dan memenuhi standar yang berlaku.

Pemasangan Kabel Tanah di Trotoar
Jika kabel akan dipasang ditrotoar maka harus memenuhi standar sebagai berikut :
  • Jika tanah lembek, pasang di kedalaman 100cm.
  • Jika tanah keras, pasang di kedalaman 80cm.
  • Di bagian atas tutupi dengan batu koral 30cm dan dibagian bawah tutupi dengan pasir 20cm.
Pemasangan Kabel Tanah di Jalan Raya
Jika kabel tanah akan dipasang di jalan raya, akan dilindungi pipa galvanis berdiameter 4 dan menggunakan subduct HDPE.

Pemasangan Kabel Tanah yang Melintasi Parit
Jika kabel tanah akan dipasang melintasi parit, maka harus diberi pengaman untuk melindungi kabel dengan pipa galvanis berdiameter 2,5. Dapat ditempatkan dibawah parit dan di permukaan parit.

Penutup

Bagaimana? Sangat menarik bukan pembahasan kali ini. Demikianlah artikel mengenai Cara Instalasi & Pemasangan Kabel Fiber Optik. Semoga dengan adanya konten artikel ini bisa memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya serta memberikan edukasi dan wawasan baru mengenai jaringan fiber optik.

Terimakasih sudah membaca dan menyimak artikel ini sampai akhir, mohon maaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan di dalam penulisan artikel. Jangan lupa share dan rekomendasikan konten ini kepada rekan-rekan sekitarmu ya. Apabila ada pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close