Pengertian dan Mengenal Apa Itu Router - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Pengertian dan Mengenal Apa Itu Router

Share This
Pengertian dan Mengenal Apa Itu Router - Jaringan internet saat ini semakin berkembang teknologinya, di Indonesia sendiri sudah masuk 4G secara merata dan 5G namun belum merata. Manusia tidak akan lepas dari gadget, baik itu perangkat seperti handphone, laptop, komputer, tablet, dan perangkat lainnya. Setiap beberapa detik, menit, hingga jam pasti memegang perangkat elektronik di tangannya untuk sekadar bermedia sosial, bekerja, gaming, dll.

Berkaitan dengan hal itu, jaringan internet menjadi salah satu hal yang sangat penting karena semua aktivitas yang berada pada gadget pasti membutuhkan jaringan internet sebagai pendukungnya. Tanpa adanya jaringan internet, tidak akan bisa bertukar pesan, mengakses internet, menonton video, bermain game online, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet.


Ada 2 cara untuk mendapatkan jaringan internet, melalui sambungan wifi yang terhubung dengan jaringan yang dibagikan atau menggunakan data seluler dari fitur handphone. Secara fungsi sama untuk mendapatkan jaringan internet, hanya berbeda cara mendapatkan jaringan internetnya saja.

Jaringan data seluler di dapatkan dari sinyal tower yang berada di sekitar lingkungan, sedangkan wifi di dapatkan dari perangkat lain yang membagikan jaringannya hingga beberapa meter dari jarak si pemancar. Untuk wifi, biasanya menggunakan router untuk membagikan jaringan internet dengan radius beberapa meter.


Pengertian dan Mengenal Apa Itu Router Secara Umum

Router itu apa sih? Secara singkatnya, Router merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet melalui sebuah proses routing. Proses routing akan terjadi pada lapisan ke 3 dari stack protokol tujuh lapis OSI.

Saat ini, router banyak digunakan dalam jaringan berbasis protocol TCP/IP dan tipe router tersebut sering disebut dengan IP Router. Banyak tipe-tipe router selain IP Router yang bisa dipakai, misal AppleTalk Router dan lain sebagainya. IP Router banyak digunakan dalam jaringan internet.

Baca Juga :

Apabila Anda berlangganan jaringan fiber mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya 'router' ini karena pada saat pemasangan jaringan fiber akan diberikan router sebagai alat pemancar untuk membagikan jaringan internet ke sekitar dengan radius tertentu.

Router juga memiliki kelap-kelip lampu indikator yang memiliki arti, setiap lampunya juga terdapat tulisan yang menandakan bagian-bagiannya. Normalnya, lampu akan berkedip-kedip setiap detik berwarna kuning. Apabila terjadi kesalahan, lampu pada router akan berwarna merah atau bahkan tidak berkedip sama sekali.


Fungsi Router 

Router digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang besar, atau biasa disebut dengan InternetWork. Selain itu, router juga membagi sebuah jaringan yang besar ke dalam subnetwork untuk meningkatkan performa dan mempermudah manajemennya.

Selain itu, router juga bisa menyambungkan LAN ke layanan telekomunikasi seperti DSL (Digital Subscriber Line) atau yang lainnya. Router yang dapat digunakan untuk menyambungkan LAN ke sebuah koneksi leased line sering disebut Access Server. Kemudian, router  yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL sering dikenal dengan sebutan DSL.

Router berbeda dengan switch, Jika router berfungsi sebagai penghubung dua atau lebih jaringan untuk mengirim data dari satu jaringan ke jaringan yang lain, sedangkan switch penghubung  alat untuk membentuk LAN (Local Area Network).

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Pengertian dan Mengenal Apa Itu Router. Semoga dengan dituliskannya artikel ini bisa memberikan edukasi dan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Selain itu, semoga mendapatkan ilmu serta wawasan ilmu baru mengenai router.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga akhir, semoga suka dengan isi penjelasan artikel ini. Mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan kata dan kalimat dalam penulisan artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan dan merekomendasikan artikel ini pada rekan-rekan sekitarmu agar mereka mendapatkan manfaat yang sama.

Jika ada pertanyaan seputar isi dari artikel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar yang ada dibawah ini ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close