6+ Cara Mudah Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

6+ Cara Mudah Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows

Share This
6+ Cara Mudah Mengatasi USB Device Not Recognized Windows - Semakin modernnya jaman seperti sekarang ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan perangkat seperti laptop ataupun komputer. Istilah bekerja dari rumah (Work From Home) sudah banyak yang mengadopsi ini karena tanpa perlu datang langsung ke kantor, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.
Tiap-tiap laptop atau komputer pasti memiliki port untuk menghubungkan antara USB (Flashdisk/HDD/Mouse, dsb.) dengan laptop atau komputer. Tanpa adanya port, USB tidak akan bisa terhubung dengan laptop ataupun komputer. Oleh karena itu, untuk dapat terhubung dengan laptop atau komputer perlu menghubungkan USB dengan port. Biasanya,  port digunakan untuk mentransfer file dan menghubungkan perangkat eksternal.

Daftar Isi

1. Cara Mengatasi USB Yang Tidak Terbaca


Walaupun mouse saat ini sudah menggunakan tanpa kabel tetap saja harus ada sesuatu yang tersambung dengan port laptop agar dapat terhubung antara mouse dengan laptop. Akan tetapi seringkali ada beberapa masalah yang seringkali muncul, khususnya di Windows 7. Seringkali muncul masalah USB Device Not Recognized, hal ini menandakan USB Device tidak terbaca oleh sistem laptop. 


Akibatnya device yang ingin digunakan tidak bisa digunakan karena tidak dapat terhubung dengan laptop atau komputer. Ada beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut, mungkin diantara tips berikut ada yang dapat menghasilkan solusi, silahkan simak tips berikut ini.
Baca Juga : 2+ Cara Mudah Mengatasi Harddisk Yang Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB Yang Tidak Terbaca
1. Cabut - Pasang USB
Kadang kali di beberapa port pada laptop atau komputer sering terjadi kerusakan sistem yang menyebabkan tidak terbacanya USB dan muncul notifikasi USB Device Not Recognized. Hal tersebut memang sudah seringkali terjadi pada beberapa laptop dengan sistem operasi Windows 7, untuk mengatasinya cabut dan pasang USB kembalai di port.

2. Restart Laptop atau Komputer
Selain mencabut dan memasang kembali di port yang berbeda, cara lainnya bisa me-restart ulang laptop atau komputer. Me-restart dapat mengembalikan dan memulai sistem kembali ke awal. Biasanya setelah restart laptop atau komputer, USB yang tadinya tidak terbaca akan menjadi terbaca dengan normal kembali. Sebagian pengguna lebih memakai cara ini untuk mengatasi USB yang tidak terbaca.

3. Update Driver
Selain kedua cara diatas, selanjutnya dengan mengupdate driver laptop. USB yang tidak terbaca biasanya USB keluaran terbaru dan memiliki versi yang baru dalam hal driver, sedangkan driver laptop atau komputer yang terpasang versinya telah usang. Oleh karena-nya sebaiknya update driver agar dapat singkronisasi antara device dan juga sistem driver laptop atau komputer.


4. Instal Driver
Selain mengupdate driver, pada beberapa device yang baru dibeli biasanya terdapat kaset (CD) yang isinya adalah driver dari device tersebut. CD tersebut harus diinstal pada laptop atau komputer yang akan dihubungkan dengan port USB, namun apabila driver sudah terpasang sebelumnya tidak perlu untuk menginstal CD tersebut.

5. Pindah Port USB
Jika sebelumnya memasang dan cabut di port yang sama, kali ini coba memasang USB di port laptop atau komputer yang berbeda. Barangkali port yang sebelumnya terdapat kerusakan dan harus memindahkan ke port yang lain. Cara ini tergolong ampuh, karena pada beberapa bagian port lainnya bisa berfungsi secara normal.

6. Ganti Kabel USB
Kendala dari menghubungkan smartphone ke laptop atau komputer adalah tidak terbacanya USB oleh port sistem laptop dan munculnya notifikasi Device Not Recognized. Solusinya, ganti kabel USB yang digunakan untuk menyambungkan smartphone ke laptop dengan kabel yang lain.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan Anda serta mendapatkan solusi segala permasalahan yang sedang dihadapi. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close