4+ Perbedaan HDD vs SSD, Lebih Baik Mana? - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

4+ Perbedaan HDD vs SSD, Lebih Baik Mana?

Share This

4 Perbedaan HDD vs SSD, Lebih Baik Mana? - Perkembangan teknologi di zaman sekarang memang seperti tidak ada habisnya untuk dibahas, memori penyimpanan pun tak luput untuk dibahas karena memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Bagi Anda yang memiliki laptop ataupun komputer mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya HDD (Harddisk), sudah agak familiar juga sih ya di sekitar orang awam.

Memori yang seringkali kita gunakan di laptop atau komputer adalah HDD (Harddisk) atau SSD (Solid State Drive), namun kebanyakan orang awam hanya mengetahui HDD saja ketimbang SSD. Padahal, saat ini hampir keluaran laptop atau komputer terbaru menghadirkan SSD sebagai memori utamanya dan menggantikan HDD sebagai peran memori. Tapi perlu diingat kembali bahwa HDD dan SSD memang memiliki kesamaan namun keduanya berbeda dan tidak sama.


Harddisk atau HDD adalah memori penyimpanan yang berukuran cukup besar dalam segi bentuk dan kapasitas memori yang digunakan pada laptop ataupun komputer. Saat ini HDD memiliki banyak kapasitas memori yang beragam hingga 1 TB, semakin besar kapasitas memori maka akan semakin banyak pula kita bisa menyimpan data atau file didalam HDD tersebut. Lalu bagaimana dengan SSD?

Solid State Drive atau SSD adalah memori penyimpanan yang tidak memiliki piringan cakram berbasis sirkuit yang tersusun atas beberapa chip memori yang saling terintegrasi. Jika dibandingkan, secara fungsi SSD sama dengan HDD yaitu sebagai memori penyimpanan, akan tetapi SSD memiliki ketahanan dari goncangan yang lebih baik dibandingkan dengan HDD. Selain itu juga, data yang tersimpan pada SSD akan lebih aman karena tidak disimpan pada lapisan magnetik.

Baca Juga : 2+ Cara Mengatasi HDD Yang Tidak Terbaca

Hampir sama HDD dengan SSD, lalu apa sih yang membedakan diantara keduanya?  lebih baik mana diantara kedua memori tersebut? Setidaknya ada 4 yang membedakan dari SSD dan HDD ini, apa sajakah? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

4 Perbedaan HDD vs SSD, Lebih Baik Mana?

1. Harga HDD vs SSD

Harga dipasaran saat ini menunjukkan bahwa HDD jauh lebih murah ketimbang dengan SSD. SSD relatif lebih mahal karena tergolong baru dalam segi teknologi, harga dari SSD yang berkapasitas 250GB setara dengan HDD yang berukuran 1TB. Sangat jauh bukan perbedaan harganya? Jadi, lebih baik mana HDD atau SSD?


2. Performa HDD vs SSD

Performa dari kedua memori ini bisa dibilang sangat berbeda signifikan. HDD memiliki performa yang bagus akan tetapi SSD memiliki performa yang jauh lebih bagus lagi dibandingkan HDD. Jika misalkan digunakan untuk mengakses aplikasi berat maka bisa dipastikan SSD akan jauh lebih cepat membuka aplikasi tersebut dibandingkan dengan HDD. Jadi, apabila sering menggunakan aplikasi yang berat SSD bisa menjadi pilihan terbaik.


3. Ukuran Bentuk HDD vs SSD

Ukuran bentuk dari masing-masing memori HDD ataupun SSD memiliki ukuran yang berbeda-beda. HDD cenderung lebih besar dibandingkan dengan SSD, walaupun memiliki fungsi yang sama ukuran namun dari keduanya tidaklah sama. Bagi Anda yang senang dengan ukuran minimalis bisa menggunakan SSD sebagai pilihan memori di laptop atau komputer Anda.

Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Virus Shorcut Pada Flashdisk

4. Komponen HDD vs SSD

Selain memiliki bentuk yang berbeda, HDD dan juga SSD memiliki komponen yang berbeda. Komponen yang dimiliki HDD yaitu mesin penggerak dengan piringan cakram yang berputar saat HDD digunakan, sedangkan SSD hanya memiliki Micro Chip, sejumlah komponen elektronik dan juga Integrated Circuit (IC) tanpa adanya piringan cakram.


Demikianlah artikel mengenai 4 Perbedaan HDD vs SSD, Lebih Baik Mana?. Apakah sekarang sudah bisa menyimpulkan mana yang terbaik? Artikel ini hanya menjadi referensi bagi Anda yang sedang ingin membandingkan diantara keduanya dan tidak memaksa untuk memilih salah satu manapun. Semoga dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan Anda dan bermanfaat, terimakasih sudah membaca artikel ini. 

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close