Macam-Macam BIOS yang Wajib Diketahui - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

Macam-Macam BIOS yang Wajib Diketahui

Share This

Macam-Macam BIOS yang Wajib Diketahui - Tahukah kamu bahwa BIOS memiliki macam-macam jenisnya dan tidak hanya satu saja? Jika kamu tidak mengetahuinya, kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis agar mengetahui macam-macam dari BIOS itu apa saja. Jika kamu sudah mengetahui, tetap simak ya siapa tahu ada jenis BIOS yang belum kamu ketahui, hehe.

BIOS merupakan satu fungsi dasar dari komputer ataupun laptop yang tak bisa terpisahkan, apabila kamu pengguna komputer atau laptop seharusnya mengetahui tentang BIOS ini, tapi jika kamu belum mengetahui apa itu BIOS bisa baca artikel tentang Pengertian BIOS & Mengenal Apa Itu BIOS


Sebenarnya BIOS bisa kamu temui setiap saat pada awal pertama kali menyalakan komputer atau laptop, BIOS akan muncul selama beberapa detik kemudian menghilang begitu saja, apabila ingin masuk ke menu BIOS kamu bisa tahan F2/F12/F8 tergantung dari pengaturan laptop atau komputernya masing-masing (tiap device berbeda-beda).


Ada beberapa macam BIOS berbeda yang bisa kamu ketahui, masing-masing BIOS memiliki tampilan yang berbeda-beda namun hampir memiliki fungsi dan pengaturan yang sama.


Macam-Macam BIOS yang Wajib Diketahui

1. IBM BIOS

BIOS ini sudah banyak digunakan di beberapa device yang tersebar di seluruh dunia, mungkin dari beberapa pengguna komputer atau laptop sudah familiar dan tak asing dengan BIOS yang satu ini. BIOS ini dikembangkan oleh perusahaan software & hardware yang berasal dari AS (Amerika Serikat) IBM Inc. Perusahaan yang telah berdiri selama ratusan tahun ini membagi IBM BIOS menjadi 3 versi.


Versi pertama, dirilis pada 24 April 1981 dengan memori fisik sebesar 544kb, versi pertama tidak terlalu banyak fitur yang dihadirkan.


Versi kedua, dirilis pada tahun yang sama dengan bulan yang berbeda tepatnya pada 19 Oktober 1981, versi kedua IBM BIOS tidak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya, namun pada versi kedua ini adanya fitur bugfix.


Versi ketiga, dirilis pada 27 Oktober 1982. BIOS ini memiliki fitur terbaru yang memudahkan perpindahan blok memori dan dapat memuat ukuran memori berkapasitas 640kb. Selain itu juga memiliki suara peringatan beep untuk komunikasi antara hardware dengan pengguna.


2. PHOENIX BIOS

Selanjutnya, ada Phoenix BIOS yang dikembangkan perusahaan Phoenix Technologies Ltd. BIOS ini memiliki keunggulan dari sisi keamanannya sampai koneksivitas dan juga kompabilitas berbagai komponen yang ada pada komputer. 


Perusahaan yang berasal dari Amerika ini membuat BIOS yang berbeda dengan jenis BIOS lainnya, adanya jeda beep pada setiap peringatan sehingga komunikasi antara manusia dengan komputer dapat lebih dipahami. BIOS ini juga sangat populer di Indonesia karena banyak yang menggunakan BIOS jenis ini.

Baca Juga : Teknologi Prosesor Yang Wajib Kamu Ketahui

3. AWARD BIOS

BIOS selanjutnya ada Award BIOS, BIOS ini sama seperti BIOS pada umumnya, memiliki kode beep yang hampir sama. BIOS ini bersifat dapat dimodifikasi sistem dasarnya oleh penggunanya, BIOS ini juga menyimpan informasi setup pada CMOS RAM.


Bunyi beep pada BIOS ini dapat di definisikan sebagai berikut :

  • Beep panjang 1x memiliki arti adanya kesalahan pada RAM.
  • Beep pendek 2x dan panjang 1x memiliki arti adanya kesalahan pada VGA.
  • Beep pendek 3x dan panjang 1x memiliki arti adanya kerusakan keyboard.
  • Beep yang tak berujung memiliki arti bahwa RAM atau VGA tidak terpasang pada komputer atau laptop. 

4. AMI BIOS

Diposisi terakhir ada AMI BIOS. AMI BIOS adalah BIOS yang penggunaannya disukai oleh banyak orang karena kemudahannya ketika diakses, cukup dengan menekan tombol delete pada keyboard kamu sudah bisa masuk ke dalam AMI BIOS ini. BIOS ini cukup populer pada tahun 2000an, tepatnya pada tahun 2002.

Sama halnya dengan BIOS yang lainnya, BIOS yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki bunyi beep peringatan untuk komunikasi dengan manusia. Bedanya, AMI BIOS ini memiliki panjang bunyi dengan durasi lebih lama dan lebih banyak dibandingkan dengan BIOS lainnya.

Nah, demikianlah artikel mengenai Macam-Macam BIOS yang Wajib Diketahui. Sudah seharusnya kamu mengetahui macam-macam dari BIOS yang seringkali kamu gunakan, nama-nama BIOS diatas merupakan salah satu dari sekian banyaknya BIOS yang bisa kamu gunakan. 

Masih ada banyak BIOS yang lebih bagus lagi yang bisa kamu coba, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan baru serta pengetahuan baru yang belum kamu ketahui. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close