[Tutorial Java] Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Java - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Java] Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Java

Share This

[Tutorial Java] Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Java - Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari bagaimana membuat program mengurutkan angka terbesar ke terkecil menggunakan Java. Selanjutnya, kita akan melanjutkan tutorial mengenai Java pada artikel ini dengan membuat program perhitungan gaji karyawan. Program pada kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, dan dalam pembuatan programnya agak sedikit rumit.

Tutorial ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mempelajari bahasa pemrograman Java tingkat pemula - menengah. Pada contoh program ini dikategorikan pemula - menengah karena terdapat beberapa sintaks yang agak rumit untuk dipelajari. Tapi tenang saja, Anda yang masih pemula masih bisa mengikuti tutorial pada artikel ini karena pada source code akan dilengkapi dokumentasi sehingga lebih memudahkan dan dimengerti.


Nantinya, program ini akan menampilkan output (keluaran) gaji bersih karyawan berupa simulasi perhitungan gaji karyawan yang dihitung berdasarkan gaji pokok, lama tahun karyawan bekerja, jam lembur kerja karyawan, golongan karyawan. Perlu diingat bahwa program masihlah bersifat sederhana dan masih bisa dikembangkan lebih baik lagi untuk kedepannya.


Baca Juga : 


Perihal value (isi) dari variable pada program akan diisi secara default, Anda dapat merubah value dari variable sesuai dengan keinginan. Nantinya, untuk mengecek gaji setiap karyawan diwajibkan untuk mengisi data seperti nama, golongan, dan lama waktu kerja, kemudian program akan memproses dan menampilkan output berupa gaji bersih dan lain-lainnya.


Program Menghitung Gaji Bersih Java

Sebelum melanjutkan lebih lanjut, siapkan terlebih dahulu software IDE untuk menjalankan source code yang akan dibuat. Anda bisa menggunakan jenis software tools apapun yang akan digunakan, namun jika Anda tidak mengetahui software apa yang akan digunakan Anda bisa menggunakan CodeBlocks. Atau, bisa juga menggunakan compiler online yang banyak tersedia di internet. 


Silahkan dipilih se-nyamannya saja ya...


Jika semuanya telah siap, selanjutnya tahap pemrograman. Anda bisa menyalin dan meletakkan source code yang ada dibawah ini ke software compiler yang digunakan. Namun alangkah lebih baiknya, disarankan untuk mengetik ulang keseluruhan source code agar lebih dapat memahami dari setiap baris script kode. 


Source Code :


Hasil Runningnya :



Bagimana? Sangat mudah bukan untuk mengikuti tutorial pada artikel ini? Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Java] Membuat Program Menghitung Gaji Karyawan Dengan Java. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang membacanya, terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke teman sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close