[Tutorial Python] : Membuat Program Kasir Sederhana Dengan Python - ANAKBLOGGER.COM

PageNavi Results No.

[Tutorial Python] : Membuat Program Kasir Sederhana Dengan Python

Share This

[Tutorial Python] : Membuat Program Kasir Sederhana Dengan Python - Kasir merupakan profesi yang bertugas mengurusi transaksi pembayaran dari konsumen atas barang atau benda yang di beli. Saat ini, profesi sebagai kasir sudah sangat dimudahkan dengan hadirnya berbagai teknologi yang bisa membantu pekerjaan dalam melakukan transaksi dengan konsumen. Salah satunya adanya mesin kasir yang berfungsi menyimpan uang, memproses, melakukan transaksi atas barang yang dibeli. 

Kita semua mungkin sudah tidak asing dengan profesi ini, hampir di setiap penjuru daerah terdapat minimarket dengan kasir sebagai tempat transaksi melakukan pembayaran barang/jasa. Tapi, apakah pernah terpikir bagaimana sistem kasir ini bisa bekerja? Bagaimana bisa sistem mengetahui harga dari suatu produk yang discan oleh kasir? Bagaimana cara membuatnya? Nah, pada artikel ini kita akan belajar membuat sistem kasir secara sederhana.


Di artikel ini kita akan mencoba membuat program kasir sederhana menggunakan python sebagai bahasa pemrogramannya. Mengapa menggunakan python? Dibandingkan dengan bahasa lain, python sangatlah ringkas untuk pembuatan program yang cukup kompleks dan rumit. Bagi seorang pemula yang baru belajar pun juga bisa dengan sangat mudah mengikuti tutorial ini, jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar ya.


Dengan menggunakan python, program sistem yang kompleks dan rumit bisa dibuat sekitar 50-100 baris kode. Dibandingkan dengan bahasa lain yang bisa mencapai ratusan baris kode. Namun, pada tutorial ini kita hanya akan membuat sebuah sistem yang sangat sederhana tetapi masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi atau mungkin bisa menjadi sistem yang dapat digunakan seperti di minimarket nantinya jika dikembangkan.


Membuat Sistem Kasir Sederhana Menggunakan Python

Ada beberapa tools yang diperlukan untuk membuat sistem kasir ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam compiler (bebas) untuk menjalankan program yang telah dibuat. Atau bisa juga menggunakan teks editor biasa lalu menjalankan file berformat .py untuk menjalankan programnya.


Bisa juga menggunakan compiler online yang tersedia banyak di internet dan lebih direkomendasikan karena tidak perlu repot-repot untuk melakukan instalasi karena saya sendiri pun menggunakan compiler online untuk melakukan ujicoba/testing program.


Baca Juga :


Selanjutnya, pada tahap development sistem bisa mengikuti source code yang telah ada. Namun, pada saat proses development sistem disarankan untuk menulis ulang code tanpa copy paste agar lebih bisa memahami maksud dari setiap baris kode program. Silahkan ikuti saja source code yang ada dibawah ini ya.


Source Code :


Hasil Runningnya :

Demikianlah artikel mengenai [Tutorial Python] : Membuat Program Kasir Sederhana Dengan Python. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mempelajari bahasa pemrograman python serta menambah wawasan keilmuan yang baru mengenai python. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk Anda silahkan rekomendasikan atau bagikan pada rekan sekitarmu ya.

No comments:

Post a Comment

Tolong berkomentar dengan sopan dan baik, Terimakasih.

Boxed(True/False)

close